Logo Eventkampus

Apa itu Konekti Internet?

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Apa itu Konekti Internet?

Diera yang modern ini pasti kita selalu berinsterasi dengan namanya koneksi internet, bukan cuma untuk bersenang-senang saja, tapi kita dapat melakukan pekerjaan dengan memanfaatkan koneksi internet. nah supaya kita paham apa itu koneksi internet mari kita bahas.

Koneksi internet adalah sebuah hubungan yang terjadi antara perangkat berbasis komputer seperti (PC, Smarphone, Dll) dengan jaringan internet yang dihasilkan teknologi komunikasi anatar keduanya. syarat yang harus dimiliki agar terjadi koneksi internet adalah perangkat berbasis komputer harus memiliki protokol yang bernama TCP/IP, tanpa protokol ini tidak akan mungkin tercipta koneksi internet.

Sejarah, Type dan Jenis Koneksi Internet

1. Dial-Up

    Koneksi internet ini menggunakan kabel telepon dengan jalur PSTN. Untuk kecepatan aksesnya dapat mencapai maksimal 56 kbps.

2. ADSL

    Asymetric Digital Subcriber Line (ADSL) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi 34  kHz - 1.104 kHz. Keunggulan koneksi ini yaitu memberikan kemapuan akses yang memiliki kecepatan tinggi dan suara atau fax secara simultan.

3. GPRS

    General Packet Radio Service (GPRS) memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan data dan suara pada saat komunikasi bergerak. Sistem ini dapat digunakan untuk transfer data ( baik email, data gambar) dan penelurusan (browsing) internet. Untuk kecepatan mulai 56 kbps - 115 kbps.

4. 3G

    3G adalah Third generation Technology  yang mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nikabel (wirelees). Memiliki kecepatan hingga 114kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile) dan 384 kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian). sedangkan untuk posisi static dapat mendapai hingga 2 Mbps. koneksi ini banyak digunakan dalam ponsel maupun smartphone.

5. HSPA

    High Speed Packet Access merupakan hasil dari pengembangan teknologi 3G gelombang pertama Release 99 (R99) sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi internet R99. terkait dengan jaringan CDMA, HSPA dapat disejajarkan dengan Evolution Data Optimized (Ev-Do) yang  merupakan perkembangan dari CDMA 2000.

6. Wirelees LAN ( WIFI)

    Teknologi ini bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Awalnya teknologi ini didesain untuk aplikasi perkantoran dalam ruangan. Namun, sekarang WI-FI dapat digunakan pada jaringan peer to peer dalam ruangan dan juga point to point di luar ruangan mapaun poin to multipoint pada aplikasi brige. Wirelees LAN dirancang sangat modular dan fleksibel. Jaringan ini juga isa dioptimalkan pada lingkungan yang berbeda, dapat mengatasi kendala geografis dan rumitnya instalati kabel. Kecepatannya bisa mencapai 54 Mbps dengan menggunakan teknologi 802.11g yang berkerja dengan frekuensi 2,4 Ghz

7. 4G LTE

    Fourth Generation Tekchnology ( 4G LTE) merupakan teknologi terbaru untuk koneksi internet mobile. kecepatan keneksi internet dengan teknologi bisa mencapai hingga 72 Mbps.

        
   Dan yang saat ini sedang dikembangkan teknologi yang lebih baru adalah Generasi teknologi 5G dan LI-FI (light Fidelty) yang dimana  teknologi koneksi internet tersebut akan lebih cepat baik untuk tranfer data ataupun kehandalan yang belum tercover dari teknologi koneksi internet sebelumnya. Semoga teknologi koneksi internet tersebut bisa berkembang dengan sangat cepat dan membantu mempermudah pekerjaan setiap manusia.

Penulis

foto Rahmad Fitroh Sumanto
Rahmad Fitroh Sumanto
SMK N Matesih

Komentar