Logo Eventkampus

Beberapa Perbedaan Kedai Kopi Kekinian dengan Kopitiam

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Beberapa Perbedaan Kedai Kopi Kekinian dengan Kopitiam

Dengan banyaknya Kedai Kopi Modern dapat dengan mudah ditemui berbagai wilayah maupun daerah. Meminum Kopi bukan hanya sekedar gaya hidup, melainkan sebagai kebutuhan dengan banyaknya jumlah kedai kopi modern yang ada.

Ternyata, sebelum adanya kedai kopi modern tren meminum kopi juga dimeriahkan dengan kehadirannya Kopitiam di wilayah Jakarta.

Kopitiam dengan Kedai Kopi Modern. meskipun sama-sama kedai kopi, ternyata diantara keduanya memiliki perbedaan Lohh..!!, Berikut 6 perbedaan dan berikut penjelasannya.


1. Alat untuk membuat kopi

Hal yang paling membedakan kopitiam dengan kedai kopi modern adalah alat pembuat kopi. Kedai kopi modern mengandalkan mesin pembuat kopi modern, sedangkan kopi tiam mengandalkan alat tradisional yakni teko berukuran besar dengan leher panjang. Teko ini dilengkapi saringan tradisional untuk menyaring ampas kopi.


2. Jenis kopi yang digunakan

Setiap kedai kopi punya kopi ciri khas tersendiri. Di kedai kopi modern menunya lebih beragam dengan penamaan sesuai kreativitas dari masing-masing pengelola kedai kopi.

Tapi, Menariknya jika di kopitiam ada standar menu yang sama hampir di semua kopitiam.
Kopi o berarti kopi hitam yang sudah ditambahkan gula, kopi o kosong berarti kopi hitam polos tanpa tambahan apa pun, kopi peng berarti es kopi dengan gula. Untuk kopi coffee berarti kopi dengan susu dan sedikit gula, kopi c berarti kopi dengan campuran susu kental manis dan gula, yuan yang berarti kopi yang dicampur teh. 


3. Campuran jenis susu yang berbeda

Dari kedai kopi modern dengan kopitiam terkenal adanya jenis kopi susu. tapi yang paling membedakan antara keduanya adalah jenis susu yang digunakan.

Kedai kopi modern menggunakan susu jenis UHT sedangkan kopitiam menggunakan susu evaporasi. Perbedaan dua susu tersebut ada di kekentalan dan rasa manis yang dihasilkan.


4. Makanan Pendampingnya

Jika di kedai kopi modern yang dijual umumnya adalah roti atau kue modern. Sangat sedikit kedai kopi modern yang menjual kue tradisional khas Indonesia.

Dan haal yang paling unik dari kopitiam adalah makanan pendamping yang dijual. Biasanya selalu ada telur setengah matang dan roti panggang atau bakar dengan selai butter atau srikaya. Tak sedikit pula kopitiam yang menjual nasi lemak atau kwetiauw goreng.


5. Orang yang membuat kopi

Jika di kedai kopi modern dengan merek ternama biasanya untuk membuat minuman secangkir kopi biasanya mengandalkan Barista yang sudah terlatih, bedahalnya dengan kopitiam.

Sedangkan di kopitiam, biasanya pembuat kopinya ialah sang pemilik kopitiam sendiri yang sudah turun temurun membuat kopi dan secara otodidak. dari tangan pembuat kopi itu sendiri juga menentukan rasa serta kecepatan dalam membuat kopi.


6. Beda serapan budayanya

Untuk kedai kopi modern lebih mengarah ke negara barat, untuk itu jenis kopi yang disajikan biasanya juga menarah ke kiblat kedai kopi barat.

Sedangkan untuk Kopitiam, berasal dari Bahasa Melayu kopi dan tiam dari Bahasa Hokkian yang artinya toko. Kopitiam merupakan produk budaya Melayu-Tionghoa di negara serumpun Melayu seperti Singapura, Malaysia, dan Indonesia.




Sumber:https://travel.kompas.com/read/2019/08/02/190900227/6-perbedaan-kopitiam-dengan-kedai-kopi









 

 

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar