Apa sih Empat Sehat Lima Sempurna itu?

access_time | label Berita
Apa sih Empat Sehat Lima Sempurna itu?

Makan Empat Sehat Lima Sempurna itu ternyata sangat penting untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan tubuh. 4 Sehat 5 Sempurna sudah mencangkup beberapa zat yang mengandung Protein, Gizi, Karbohidrat, dan Vitamin. Contohnya seperti nasi, daging, ikan, sayuran, dan buah-buahan. Tujuan dari menerapkan pola makanan 4 sehat 5 sempurna adalah tercukupinya nutrisi dan gizi bagi tubuh, sehingga tubuh selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Makanan Pokok   :Gunannya agar menjaga dan meningkatkan energi agar tubuh tetap mempunyai tenagauntuk bekerja. Makanan pokok yaitu contohnya seperti singkong, umbi-umbian, nasi, jagung, gandum dan sagu. Makanan pokok yaitu makananyang banyak mengandung karbohidrat.

Lauk Pauk            : Lauk pauk berfungsi untuk membangun jaringan tubuh yang baru untuk mengganti yang rusak. Lauk pauk banyak mengandung protein yang fungsinya untuk melarutkan berbagai vitamin dan sebagai pelindung tubuh dari suhu yang rendah. Makanan yang mengandung protein juga mengandung lemak seperti daging, ikan, telor, tahu, tempe kelapa dan lain-lain.

Sayur Mayur         :  Sayur-sayuran yaitu makanan yang memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur tubuh kita. Sayuran juga membantu pembentukan gigi dan tulang dan menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit serta menyeimbangkan tubuh kita. Contohnya seperti bayam, seledri, brokoli, tomat, wortel dan sayuran lain yang banyak mengandung vitamin dan mineral

Buah-buahan        : Buah juga memiliki peran penting bagi tubuh kita untuk memenuhi vitamin yang diperlukan. Dalam buah-buahan banyak buah yang mengandung Vitamin A,B,C serta mineral yang juga bisa membantu sistem kekebalan tubuh jika kita megkonsumsinya dengan baik dan benar. Contohnya seperti Alpukat, jambu biji , pisang, jeruk, apel, sirsak dan lain sebagainya.

Susu                      : Susu kaya akan nutrisi seperti Kalsium, protein, vitamin D, vitamin B12, vitamin A, fosfor dan lainnya. Susu membantu untuk pembentukan otot dan tulang, mengurangi hipertensin, dan  tentunya membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

Penulis

foto Aan ayu saputri
Aan ayu saputri
SMK WIKARYA KARANGANYAR

Artikel Terkait

Share

Komentar