Logo Eventkampus

Mahasiswa ITS Raih Gelar Juara Olimpiade Fisika Nasional

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa ITS Raih Gelar Juara Olimpiade Fisika Nasional

Adalah Muhammad Amir Jamiluddin dari Departemen Fisika yang berhasil membawa gelar juara pada perlombaan tersebut. Mahasiswa yang kerap disapa Amir ini mengatakan bahwa alasan keikutsertaannya pada olimpiade ini adalah untuk menambah pengalaman olimpiade. Selain itu, pertama kali menjadi peserta KOSINUS memberikan tantangan baru bagi Amir.

Amir menjelaskan bahwa ada beberapa tahap yang harus dilalui sebelum dinyatakan sebagai juara ketiga. Tahap pertama adalah babak penyisihan serentak yang dilaksanakan di Gedung Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Negeri Jember. Babak penyisihan tersebut berbentuk soal dengan jawaban esai sejumlah 5 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 120 menit. Materi yang diujikan pun cukup beragam, mulai dari mekanika klasik, fisika kuantum, elektrodinamika, fisika statistik, dan elektromagnetika.

Setelah melalui babak penyisihan, sepuluh peserta terbaik berhak untuk maju ke babak final yang dilaksanakan langsung di hari yang sama. “Pada hari pelaksanaan babak penyisihan itu juga langsung diumumkan 10 peserta dengan nilai terbaik, dan saya masuk di peringkat keempat,” ujar mahasiswa angkatan 2016 ini.

Pada tahap final, peserta diberikan tipe soal yang sama sebanyak 10 soal dengan waktu pengerjaan selama 150 menit. Meski mengaku lelah akibat waktu pengerjaan dua babak tersebut sebentar, Amir mampu menempatkan dirinya di posisi tiga besar.

Mahasiswa yang menginjak semester tujuh ini mengaku menjadikan latihan rutin untuk menyelesaikan soal-soal fisika sebagai kunci dari keberhasilannya. “Saya tidak ingin jika materi yang didapat di semester-semester awal dilupakan begitu saja,” tambahnya.

Kepada ITS Online, Amir menyebutkan harapannya agar peminat di bidang olimpiade semakin banyak. Karena selama ini, menurut Amir, mahasiswa ITS yang berpartisipasi dalam olimpiade dapat dihitung dengan jari.

Baginya, selagi ada waktu menjelajahi dan menggali potensi di luar kelas, maka lakukanlah. Karena menurut Amir, dengan berprestasi di luar kelas, akan lebih banyak lagi hal yang bisa meningkatkan potensi dan ilmu yang belum kita ketahui. “Sejatinya dunia luarlah pasca kampus sebenarnya, dan pasca kampus adalah hal yang pasti akan kita hadapi,” pesan Amir. (ion5/id)



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2019/10/23/mahasiswa-its-raih-gelar-juara-olimpiade-fisika-nasional/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Teliti Sensor Kimia, Dosen Muda ITS Raih Young Scientist Award
22 November 2019
Mari Lebih Cerdas Memilih Makanan Bergizi
02 Maret 2020
ITS Rancang Lampu LED IUV untuk Sterilisasi Covid-19
29 April 2020
Rancang Pemodelan Konsumsi Energi, Dosen ITS Kantongi Penghargaan
14 Agustus 2020
KKNT ITS Bagikan 400 Masker di Kota Bontang
07 Oktober 2020
Berdayakan Petani Lemon, Dua Mahasiswa ITS Gagas SayLemon
18 November 2020

Komentar