Logo Eventkampus

Memulai pola hidup sehat

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Memulai pola hidup sehat

Menjalankan cara hidup sehat bagi beberapa orang sering kali dianggap sesuatu yang cukup merepotkan, salah satunya adalah saat seseorang menjalankan program diet.

Memulai diet pun jadi hal yang berat karena sudah membayangkan apa saja makanan yang tidak boleh dimakan. Padahal, jika dicermati lebih baik, diet bisa jadi hal yang menyenangkan dan hidup sehat pun bisa di dapat tanpa beban.

Meski cara hidup sehat bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, hidup sehat mempunyai banyak manfaat, seperti membantu Anda menjaga berat badan, meningkatkan energi hingga mencegah terjadinya penyakit.

BACA JUGA: LANGKAH-LANGKAH POLA HIDUP SEHAT

Perlu diketahui, gaya hidup seseorang juga dipengaruhi oleh aktivitas sehari-harinya seperti pekerjaan, makanan dan waktu istirahat. Jika beberapa faktor itu tidak diperhatikan dengan baik maka dampaknya kesehatan Anda bisa terganggu.

Berikut ini 5 cara hidup sehat yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Makan secara sehat dan seimbang

Cara hidup sehat yang utama adalah asupan gizi yang baik. Agar tubuh dapat tumbuh dan berkembang serta menjalankan fungsinya dengan maksimal, maka dibutuhkan asupan gizi yang seimbang. Cara memasaknya pun sebisa mungkin tidak merusak zat gizi dan serat sehingga masih memberi manfaat bagi yang mengonsumsinya.

Jika Anda memiliki kebiasaan pola makan yang tidak sehat, sepertinya Anda perlu mendata semua makanan yang dikonsumsi setiap hari. Catatan ini bermanfaat untuk menjadi pengingat agar Anda membatasi konsumsinya. Anda disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran setidaknya sembilan porsi dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

2. Makan dan minum sealami mungkin

Begitu banyak makanan dan minuman yang kini diproduksi oleh industri, di mana produksi dilakukan secara masal, proses produksi yang panjang memerlukan waktu yang lama untuk sampai pada konsumen. Hal ini menyebabkan makanan dan minuman tersebut membutuhkan bahan pengawet. Mulailah untuk menggunakan bahan pangan alami.

Cara hidup sehat lain yang bisa Anda lakukan adalah berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, terutama jika Anda berisiko atau sudah menderita penyakit diabetes, artritis, atau penyakit jantung.

3. Olahraga secara teratur

Hidup sehat yang sering kali dilewatkan oleh masyarakat yang tinggal di kota besar adalah olahraga. Olahraga dengan cara yang benar dan waktu yang tepat dapat membuat peredaran darah menjadi lancar, menguatkan otot dan tulang.

Evaluasilah aktivitas Anda sehari-hari apakah didominasi oleh kegiatan duduk-duduk saja di depan komputer atau sudah bergerak aktif setiap hari. Pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit tiap minggu

4. Hindari stres

Beban hidup yang yang berat, terkadang mendatangkan stres. Gejala fisik yang ditimbulkan adalah sakit kepala, sakit perut, meningkatnya tekanan darah tinggi, dada terasa sakit hingga susah tidur.

Mengelola stres dapat dilakukan dengan mengambil waktu untuk rileks, melakukan hobi, yoga atau meditasi agar budaya hidup sehat dapat tercipta.

BACA JUGA: 5 CARA AGAR ANAK TERBIASA DENGAN POLA HIDUP SEHAT

Tips hidup sehat lainnya yang sering dilewatkan adalah mengucap rasa syukur. Mencatat hal-hal yang patut Anda syukuri dapat membuat jiwa lebih tenang.

Rasa syukur yang mengakar dan terwujud dalam kehidupan akan membuat pikiran dan hati yang tenang. Sehat secara rohani juga akan memengaruhi kesehatan secara fisik.

5. Istirahat cukup

Istirahat cukup adalah kunci mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan jam tidur Anda terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik dapat menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

Nah, itulah cara hidup sehat yang dapat dengan mudah Anda lakukan. Selamat mencoba.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

Obat Alami Sakit Tenggorokan Berikut Bisa Dibuat Sendiri
15 Januari 2018
Apa itu Hipoksia?
21 Februari 2018
Mulut Anda Bau? Berikut Cara Mengatasi Secara Alami
19 Maret 2018
Mahasiswa IPB kembangkan inovasi masker dari alam
12 Juli 2018
Wajib Tahu, Ini 5 Akibat Jika Terlalu Lama Terkena Paparan Sinar Matahari
27 Juli 2018
6 Cara sederhana jaga otak tetap tajam hingga lanjut usia
30 Juli 2018

Komentar