Logo Eventkampus

Obat Alami Sakit Tenggorokan Berikut Bisa Dibuat Sendiri

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Obat Alami Sakit Tenggorokan Berikut Bisa Dibuat Sendiri

Berkumur Air Garam

Salah satu obat alami sakit tenggorokan yang sangat mudah dibuat adalah air garam. Anda cukup menambahkan satu sendok teh garam dan masukkan ke dalam 240 ml air hangat, yaitu kira-kira sebanyak air minum kemasan gelas kecil, dan aduk hingga tercampur secara merata. Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah lalu muntahkan.

Sebuah studi menemukan bahwa berkumur dengan air garam bisa mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak. Namun ingat, jangan memakai terlalu banyak garam dan jangan ditelan.

Mengunyah Bawang Putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan adalah bawang putih. Kemampuannya ini dimiliki karena mengandung sifat antiseptik. Hanya saja, cara terbaik agar dapat dipakai untuk tujuan mengobati sakit tenggorokan adalah dengan mengunyah bawang putih terlebih dahulu.

Saat hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus. Adapun nama senyawa tersebut adalah allicin. Selain dikunyah sebanyak satu siung, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit. Jika tidak sanggup untuk memakannya secara mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan-bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus. Hanya saja, allicin akan lebih efektif jika dikunyah secara mentah.

Semangkok Sup Ayam

Jangan pernah menganggap makanan enak tidak pernah bisa dijadikan obat. Untuk sakit tenggorokan, nikmatnya sup ayam juga bisa dijadikan sebagai obat alami. Cairan hangat dapat membantu meredakan iritasi tenggorokan.

Selain itu, menikmati sup saat sakit adalah tindakan masuk akal mengingat makanan ini mudah ditelan meskipun saat tenggorokan sakit sekalipun. Dengan mengonsumsi makanan cair, seperti sup, nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat tetap terjaga saat seseorang sakit. Nutrisi sendiri dibutuhkan tubuh dalam rangka melawan infeksi yang menyerang tubuh.

Teh Hangat

Meminum air teh hangat juga bisa dijadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Teh hangat dari jenis apa pun, entah herba atau nonherba, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Salah satu alasannya adalah karena teh mengandung antioksidan yang diprediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkan infeksi. Agar kian optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam teh Anda. Hal ini akan menambahkan sifat antibakteri sehingga memungkinkan penderita sakit tenggorokan akan lebih cepat sembuh.

Secangkir Madu

Baik dicampur dengan teh atau diminum langsung, madu telah lama dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi yang dilakukan pada 139 anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), mengonfirmasi efektivitas madu dalam meredakan batuk. Selain itu, studi lain juga mendukung klaim bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif. Dengan kata lain, madu bisa digunakan untuk membantu mempercepat seseorang sembuh dari sakit tenggorokan.

Penulis

foto devifa
devifa
SMK WIKARYA KARANGANYAR

Artikel Terkait

Apa itu Hipoksia?
21 Februari 2018
Mulut Anda Bau? Berikut Cara Mengatasi Secara Alami
19 Maret 2018
Mahasiswa IPB kembangkan inovasi masker dari alam
12 Juli 2018
Wajib Tahu, Ini 5 Akibat Jika Terlalu Lama Terkena Paparan Sinar Matahari
27 Juli 2018
6 Cara sederhana jaga otak tetap tajam hingga lanjut usia
30 Juli 2018
Memulai pola hidup sehat
26 Desember 2019

Komentar