Logo Eventkampus

Manfaat Seledri bagi Kesehatan Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Seledri bagi Kesehatan Tubuh

Seledri adalah salah satu sayuran paling banyak nutrisi lho. Salah satunya seledri kaya akan fitonutrien yang  berguna untuk penguat sistem kekebalan tubuh. Jadi jika kalian makan seledri setiap hari bisa menjaga kesehatan secara menyeluruh. Dan kali ini kita akan membahas tentang manfaat seledri nih! Dan berikut beberapa manfaatnya:

1.      Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Seledri mampu memproteksi tubuh dari penyakit kanker. Kandungan polyacetylenes dalam seledri digunakan sebagai campuran obat chemoprotective atau obat pencegah efek samping kemoterapi dan membasmi racun dan mencegah pembentukan sel kanker terutama kanker usus, kanker payudara dan leukimia.

2.      Mencegah Peradangan Kronis

Peradangan kronis sebagai penyebab banyak penyakit, seperti jantung, kanker, dan radang sendi. Seledri memiliki lebih dari selusin jenis antioksidan, termasuk asam fenolik yang membuat seledri berguna untuk mengobati berbagai kondisi akibat peradangan.

3.      Mengatasi Masalah Perut dan Sembelit

Mengandung polisakarida berbasis Pektin, yang membantu meningkatkan perlindungan pada lapisan lambung. Kandungan dalam seledri  baik untuk saluran pencernaan.

4.      Menurunkan Kolesterol dan Mengatur Tekanan Darah

Seledri dapat menurunkan kolesterol  untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan jantung.

5.      Dapat menyehatkan Mata

Seledri mengandung banyak vitamin A, sehingga dapat meningkatkan penglihatan, mengobati mata kering, dan melindungi kornea.

6.      Menurunkan Berat Badan

Seledri sangat rendah kalori, yang membantu mengatur metabolisme lemak , dan ini pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan.

7.      Dapat Membantu Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Seledri bermanfaat melawan infeksi bakteri dalam saluran pencernaan dan organ reproduksi. Seledri membantu mencegah infeksi saluran kemih serta gangguan kandung kemih hingga masalah ginjal lho.

8.      Dapat Mengurangi Peradangan

Seledri dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan. Kandungan luteolin mengurangi peradangan di hippocamps, bagian otak yang berhubungan dengan memori.

9.      Dapat Mencegah Hipertensi

Jika kalian terkena darah tinggi, kalian dapat mengobati atau mencegahnya dengan mengonsumsi  seledri secara rutin.

10.  Dapat Membersihkan Gigi

Seledri dapat membersihkan gigi lho. Selain dimakan mentah, seledri bisa dijadikan sup, tumisan dan dijadikan salad nih.

11.  Dapat Menyehatkan Ginjal

Seledri mampu membersihkan liver secara alami. Karena ada kandungan vitamin C, B, A dan zat besi dari seledri sangat tinggi sehingga cocok untuk perlindungan organ ginjal dan liver.  Konsumsi seledri secara rutin juga terbukti dapat membantu melindungi ginjal, mencegah penyakit liver dan membersihkan racun di tubuh.

12.  Sebagai Antiinflamasi

Daun seledri mengandung unsur antioksidan yang berperan sebagai anti inflamasi. Unsur-unsur tersebut mendukung kesehatan tubuh, terkhusus untuk orang dewasa, dengan cara memberantas radikal bebas yang berbahaya.

Nah, itulah beberapa manfaat dari seledri yang dapat kalian ketahui nih. 

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Si Pahit Penangkal Beberapa Masalah Kesehatan
29 Januari 2020
Manfaat Bunga Daun Pepaya
30 Januari 2020
Manfaat Daun Lembayung
30 Januari 2020
8 Khasiat buah cermai yang mengejutkan
11 Februari 2020
Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh
12 Februari 2020
Khasiat Ular Kobra, Ternyata Dapat Sembuhkan Kanker
13 Maret 2020

Komentar