Logo Eventkampus

10 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
10 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh

Buah plum memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Tingginya kandungan antioksidan ini memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan yang bisa menyebabkan diabetes, Alzheimer, Parkinson, hingga kanker. Bagi yang sedang melakukan diet atau ingin menjaga berat badan ideal, buah ini wajib masuk ke daftar menu diet sehat kalian. Dan apa saja sih manfaat lain buah plum. Simak selengkapnya dan kita bahas satu persatu.

1.      Sebagai Obat Alami Anemia

Buah plum mengandung  zat besi dan tembaga yang penting dalam membantu pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pemurnian darah dan sirkulasi yang sehat. Tembaga yang terkandung dalam buah plum juga mampu berperan sebagai antioksidan dan sangat penting bagi kesehatan saraf serta membantu pembentukan kolagen.

2.      Dapat Mengatasi Obesitas

Manfaat buah plum mampu mengatasi obesitas. Mengonsumsi buah plum membantu dalam melawan sindrom metabolik karena senyawa bioaktif di dalamnya. Jadi, kalian yang sedang menjalani program melangsingkan tubuh, dapatkan manfaat buah plum merah untuk diet dengan mengonsumsinya secara rutin.

3.      Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam buah plum baik untuk mengontrol tekanan darah. Buah plum membantu tubuh menyingkirkan natrium ketika buang air kecil, dan itu mengurangi ketegangan dinding pembuluh darah. Ketika tekanan darah Anda lebih rendah, peluang terkena stroke pun ikut menurun.

4.      Dapat Menjaga Sistem Saraf

Buah plum mengandung vitamin B6 yang membantu dalam transmisi sinyal saraf dan membantu kelancaran sistem saraf. Manfaat buah plum juga membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu pembentukan hormon yang memengaruhi suasana hati.

5.      Dapat Mencegah Osteoporosis

Flavonoid seperti asam caffeic yang terkandung di dalam buah plum membantu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis pada wanita pascamenopause. Konsumsi buah plum secara teratur juga membantu dalam pemulihan kepadatan tulang yang telah hilang karena penuaan.

6.      Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah plum lainnya yang bisa didapatkan tubuh dapat membantu tubuh meningkatkan resistensi pada infeksi dan peradangan, ini karena buah plum kaya akan vitamin C.

7.      Dapat Mengontrol Diabetes

Manfaat buah plum merah dapat membantu dalam memerangi diabetes, karena memiliki efek antihiperglikemik. Mengkonsumsi ekstrak plum membantu mengurangi gula darah dan kadar trigliserida dalam tubuh.

8.      Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Buah plum mengandung mineral penting seperti besi dan tembaga yang membantu dalam pembentukan sel darah merah dan membuat sirkulasi darah yang sehat. Kandungan tembaga dalam plum bertindak sebagai antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Konsumsi tembaga juga membantu dalam penyerapan zat besi dan mencegah berbagai penyakit seperti anemia dan osteoarthritis.

9.      Dapat Membantu Pembekuan Darah

Manfaat buah plum berikutnya yang jarang orang sadari adalah membantu dalam pembekuan darah secara normal, khasiat buah plum ini didapatkan karena kandungan vitamin K di dalamnya. Saat kalian kekurangan vitamin K tubuh dapat menyebabkan kehilangan darah yang berlebihan dan masalah kesehatan lainnya seperti tulang yang lemah.

10.  Dapat Mencegah Gangguan Jantung

Jika kalian rutin mengonsumsi buah plum kering, hal itu membantu  meningkatkan fluiditas darah di arteri. Efek perlindungan ini membantu dalam pencegahan berbagai gangguan jantung, termasuk aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Nah, itulah beberapa manfaat buah plum yang bisa kalian ketahui. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Berikut 4 Buah yang Kaya Protein
30 Januari 2020

Komentar