Logo Eventkampus

Manfaat Mendengarkan Musik

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Mendengarkan Musik

Siapa nih yang gak suka musik? Ternyata musik dapat mendukung suasana hati dan menjauhkan depresi lho. Dan juga dapat menurunkan kadar hormon terkait stres, seperti rasa sakit. Manfaat musik dengan meditasi untuk kesehatan mental. Mendengarkan musik dapat mengatasi kesehatan mental dengan cara yang mudah daripada bermeditasi. Manfaat lain mendengarkan musik sebagai berikut:

1.      Mendengarkan Musik Membuat Tidur Nyenyak

Manfaat mendengar musik membuat tubuh jadi rileks dan lebih tenang. Putarlah musik dengan ritme lambat yang lembut dan memberi ketenangan untuk tubuh dan pikiran. Tanpa sadar, Anda akan tertidur dengan pulas.

2.      Meningkatkan Suasana Hati (Mood)

Reaksi orang ketika mendengarkan musik umumnya berbeda-beda. Tetapi, apapun pilihan musik kalian memengaruhi suasana hati saat mengemudi, yang dapat mengarah pada perilaku yang lebih aman daripada tidak mendengarkan musik. Bila merasa frustrasi karena lalu lintas macet, putarlah musik untuk meningkatkan kondisi pikiran kalian.

3.      Mendengarkan Musik Dapat Mengurangi Stres

Musik dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan lho. Mendengarkan musik favorit pada seorang terapi selama 30 menit sebelum melakukan prosedur operasi, tingkat stresnya berkurang dan lebih santai. Terapi musik juga bisa membantu untuk menenangkan sel dan menormalkan denyut jantung.

4.      Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat musik dapat mengurangi rasa sakit, melalui hormon penghilang rasa sakit. Dengan mendengarkan lagu kesukaan, kalian dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit dan melakukan relaksasi.

5.      Meningkatkan Stamina Saat Olahraga

Musik bisa di pengaruhi mood kalian, khususnya saat sedang berolahraga. Jika kalian memainkan musik dengan tempo lambat, secara otomatis juga akan memengaruhi stamina, tempo dan kecepatan kalian saat berolahraga. Untuk itu, pilihlah lagu dengan tempo yang agak cepat dan bersemangat sehingga kalori pun semakin banyak terbakar karena tubuh akan otomatis bergerak lebih cepat. Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

6.      Dapat Meningkatkan Kinerja

Musik instrumental akan membantu kalian fokus melakukan pekerjaan di kantor. Manfaat musik dengan beat cepat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi selaras dengan irama. Alhasil, otak menjadi lebih mudah berkonsentrasi dan berpikir dengan tajam.

Nah, itulah beberapa manfaat dari musik, kalian bisa lho mencoba mendengarkan musik agar membuat suasana hati kalian bahagia. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

JAKARTA PEACE CONCERT
04 November 2017
Benjamin live berhasil mengadakan CUT THE CRAP di Rolling Stone Headquarter, Kemang, Jakarta Selatan
15 November 2017
James Bay Tampil dengan Rambut Baru dan Single terbarunya 'Wild Love'
15 Februari 2018
KEBAHAGIAAN BERMALAM MINGGU DI CLOSING STAGE PIASE 2018
11 Juli 2018
Mengetahui Mood Seseorang
30 Juli 2019

Komentar