Logo Eventkampus

Manfaat Kebiasaan Tidur Dalam Kegelapan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Kebiasaan Tidur Dalam Kegelapan

Tidur tanpa cahaya lampu ternyata memberikan manfaat dan membantu aktivitas tidur semakin cepat. Selain itu, ternyata tidur dengan cahaya lampu yang mati atau dalam keadaan gelap juga berguna untuk kesehatan tubuh. Pada tubuh manusia terdapat Hormon melatonin adalah hormon yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap berbagai macam serangan penyakit. Kamu lebih suka tidur di kegelapan atau di bawah terangnya lampu kamar? Setiap orang memiliki alasan sendiri di baliknya ya. Ada yang suka tidur di dalam gelap karena merasa nyaman, ada pula yang suka tidur dalam keadaan lampu menyala karena takut gelap. Beruntunglah kamu yang suka tidur di dalam gelap, karena ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu rasakan ! Simak selengkapnya di bawah ini !

1.     Mengurangi Risiko Miopi (Rabun Jauh)

Orang yang tidur dengan cahaya buatan di malam hari memiliki insiden rabun jauh (miopi) yang lebih tinggi. Terlalu banyak cahaya akan mendorong mata untuk tumbuh berlebihan dan membelokkan fokus alami.

2.     Mengurangi Risiko Kanker

Perempuan yang terpapar cahaya intensitas tinggi saat tidur memiliki peluang  lebih tinggi terkena kanker payudara. Bukan hanya itu, perempuan yang bekerja di shift malam juga lebih berisiko terhadap kanker payudara. Hal ini bisa dihindari jika kamu memilih tidur di dalam gelap.

3.     Menstabilkan Emosi

Melalui beberapa sumber dikatakan bahwa tidur tanpa cahaya lampu lebih baik untuk mengkontrol dan menstabilkan emosi dibandingkan dengan tidur menggunakan cahaya lampu.

4.     Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Dan Penuaan

Masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika tidur di kegelapan. Saat tidur di dalam gelap, tubuh menghasilkan hormon melatonin yang berperan penting dalam anti penuaan. Sementara, jika hormon melatonin berkurang akibat cahaya buatan saat tidur, maka akan meningkatkan risiko penyakit.

5.     Kerja Otak Semakin Meningkat Dan Tidak Mudah Lupa

Orang yang tidur tanpa cahaya lampu memberikan dampak positif yang salah satunya adalah untuk meningkatkan kerja otak dan menghambat sifat lupa.

6.     Tidur Lebih Cepat Dan Mudah

Ketika kita tidur dengan lampu yang mati akan lebih cepat memproses tidur jika dibandingkan dengan tidur dengan cahaya lampu yang masih terang.

7.     Meredakan Dan Meringankan Tingkat Stres

Stres dapat terjadi kapanpun dan di manapun serta dalam kondisi apapun, maka salah satu manfaat tidur tanpa cahaya lampu adalah untuk meredakan dan meringankan tingkat stres yang dialami.

8.     Mengurangi Risiko Penambahan Berat Badan

Tidur dengan lampu menyala menjadi faktor risiko penambahan berat badan dan bisa memicu obesitas. Sementara, jika tidur dengan mematikkan lampu maka dapat mengurangi risiko penambahan berat badan.

Nah, itulah keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika tidur di dalam gelap. Malam ini, siapkah kamu mematikan lampu saat tidur, demi kesehatanmu? Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Bahaya Kebisaan Tidur Dekat Handphone
03 Januari 2020
Berapa Lama Kita Harus Tidur Setiap Hari?
06 Februari 2020
5 Dampak Negatif Tidur dengan Lampu Menyala
11 Februari 2020
Tips Bangun Pagi Tanpa Ketiduran Lagi
12 Februari 2020
Manfaat Tak Terduga Membaca Buku Sebelum Tidur Bagi Kesehatan
21 Februari 2020
Posisi Tidur yang Benar
12 Maret 2020

Komentar