Logo Eventkampus

Bahaya di Balik Bangun Tidur dan Langsung Berdiri Secara Tiba-tiba

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Bahaya di Balik Bangun Tidur dan Langsung Berdiri Secara Tiba-tiba

   Kamu pasti pernah mengalami kejadian seperti ini, bangun tidur dan berdiri secara tiba-tiba karena terlambat kerja atau ada janjian dengan seseorang. Ketahuilah, bahwa cara seperti itu keliru. Karena bisa mengganggu kesehatanmu. Berikut ini alasan ilmiahnya:


1. Tubuh memerlukan persiapan untuk bisa bangun

  Merasa pusing bahkan sampai bisa pingsan adalah akibat hipotensi orthostatik. Michael Rodney Osborne menjelaskan, darah secara normal tidak akan bisa sampai ke otak jika gak ada sistem pengaturan tekanan darah dinamis pada tubuh. Pembuluh darah terbentuk dari otot-otot kecil. Ketika kamu berdiri, semua pembuluh di kaki akan berusaha keras untuk mendorong darah ke arah kepala.

   Jika berdiri terlalu cepat dari posisi berbaring lama, kamu kurang memberikan waktu tubuh untuk bereaksi. Sehingga menyebabkan pusing bahkan sampai pingsan.


2. Masalah kesehatan akan semakin berbahaya jika kamu memiliki tekanan darah rendah

   Berbaring dalam waktu lama apalagi sampai tertidur akan membuat aliran darah di tubuhmu rileks. Berdiri tiba-tiba akan mengagetkan pengaturan aliran darah tersebut. Ini akan semakin bermasalah ketika kamu memiliki tekanan darah rendah.

 Tekanan darah rendah dan ketidaksiapan reaksi akan membuat otakmu kekurangan asupan oksigen. Ini bisa berbahaya bagi tubuhmu jika terus-terusan terjadi.


3. Jika kebiasaan ini diteruskan, kamu akan mengalami vertigo posisional atau risiko kesehatan yang lebih parah

  Vertigo posisional adalah masalah bagian dalam telinga yang berhubungan dengan keseimbangan tubuh. Kamu akan merasa ruangan di tempatmu berputar-putar. Pusing adalah istilah umum, sementara vertigo adalah perasaan berputar yang gak terkontrol.

   Istilah lain untuk kasus ini adalah vertigo paroksimal. Ini bisa disebabkan karena perubahan posisi kepala secara tiba-tiba, sementara tubuhmu belum siap. Kekurangan oksigen pada otak karena berdiri tiba-tiba juga bisa menyebabkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular nantinya.


4. Beginilah cara bangun tidur yang benar

    Sarannya adalah kamu tidur cukup dan dengan penerangan yang sewajarnya. Lebih bagus lagi jika dalam keadaan gelap. Berapa lama pun tidur, ketika terbangun membuka mata, kamu harus berdiam selama lima menit dan lakukan peregangan badan.

       Kemudian perlahan duduk di tempat tidurmu selama 10 menit dan lakukan peregangan badan. Baru kamu bisa berdiri dan mulai beraktivitas. Minum air hangat setelah bangun tidur karena bisa memperlancar peredaran darah tubuh.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Bahaya Kebisaan Tidur Dekat Handphone
03 Januari 2020
Berapa Lama Kita Harus Tidur Setiap Hari?
06 Februari 2020
Manfaat Kebiasaan Tidur Dalam Kegelapan
10 Februari 2020
5 Dampak Negatif Tidur dengan Lampu Menyala
11 Februari 2020
Tips Bangun Pagi Tanpa Ketiduran Lagi
12 Februari 2020
Faktor yang Memengaruhi Bangun Tidur Badan Terasa Lelah
20 Februari 2020

Komentar