Logo Eventkampus

Tips Bangun Pagi Tanpa Ketiduran Lagi

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Bangun Pagi Tanpa Ketiduran Lagi

Apakah kamu termasuk orang yang sulit bangun di pagi hari? Atau justu susah tidur cepat pada malam hari? Jika ya, kamu tak sendirian, kok. Ada jutaan orang yang memiliki masalah seperti kamu.

Banyak orang yang tidak dapat menahan rasa kantuk setelah bangun pagi dan akhirnya malah tidur lagi. padahal bangun pagi dan melakukan berbagai hal positif di pagi hari sangatlah bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental.

Tips tidak tidur lagi setelah bangun pagi ini bisa diterapkan agar segera siap menjalani hari. Biasanya rasa ngantuk setelah bangun pada pagi hari disebabkan oleh tidur yang tidak berkualitas atau karena pola tidur yang tidak sehat. Dan berikut tips agar tidak tidur lagi setelah bangun pagi:

1.     Kenali Jam Tubuh Sendiri

Tubuh memiliki mekanisme biologis untuk mengatur waktu tidur. Untuk memberi sinyal bahwa tubuh butuh istirahat, suhu tubuh akan menurun dan detak jantung melambat. Selain itu, tubuh akan melepaskan melatonin ke dalam aliran darah setidaknya 1 atau 2 jam sebelum jam tidur biasa.

2.     Letakkan Alarm Jauh Dari Tempat Tidurmu

Dengan meletakkan alarm jauh dari tempat tidurmu, kamu akan memaksa dirimu untuk turun dari tempat tidurmu dan mematikannya di pagi hari. Kamu bisa meletakkan alarm tersebut di dekat jendela atau saklar lampu, sehingga kamu bisa membuka jendela atau menyalakan lampu untuk mencegahmu tidur kembali.

3.     Paksakan Diri Untuk Bangun

Jika ingin membentuk kebiasaan baik, paksa diri untuk bangun dan membuka mata saat alarm berbunyi di pagi hari. Agar tak ketiduran, segera berdiri dan nyalakan lampu kamar. Kamu juga bisa membuka tirai jendela agar sinar matahari bisa masuk dan menerangi ruangan.

4.     Minum Segelas Air Hangat Sebelum Tidur

Ternyata ada banyak manfaat minum air hangat sebelum tidur diantaranya, dapat meningkatkan mood saat bangun serta membantu tidur lebih cepat.

5.     Disiplin

Disiplin dengan jam tidur yang sudah kamu tetapkan merupakan satu-satu caranya untuk memperbaiki pola tidur. Sebisa mungkin, tetapkan jadwal tidur yang harus dipatuhi setiap malam.

6.     Hindari Penggunaan Alat Elektronik Sebelum Tidur

Alat elektronik dapat mengakibatkan kamu terus terjaga hingga kesulitan tidur, maka itu matikan atau hindari alat tersebut 1 jam sebelum tidur. Kamu bisa gunakan waktu untuk membaca atau aktivitas santai lainnya sebelum benar-benar terlelap.

7.     Olahraga

Untuk meningkatkan kualitas tidur agar tidak susah bangun tidur, kamu disarankan rutin berolahraga. Pilih olahraga aerobik, seperti jogging, berenang, atau berjalan santai.

Nah, itulah beberapa tips agar kalian tidak tertidur lagi pada waktu pagi hari. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Bahaya Kebisaan Tidur Dekat Handphone
03 Januari 2020
Berapa Lama Kita Harus Tidur Setiap Hari?
06 Februari 2020
Bahaya di Balik Bangun Tidur dan Langsung Berdiri Secara Tiba-tiba
17 Februari 2020
Faktor yang Memengaruhi Bangun Tidur Badan Terasa Lelah
20 Februari 2020
Manfaat Tak Terduga Membaca Buku Sebelum Tidur Bagi Kesehatan
21 Februari 2020
Posisi Tidur yang Benar
12 Maret 2020

Komentar