Logo Eventkampus

Olahraga yang Sering Dijadikan Ajang Perlombaan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Olahraga yang Sering Dijadikan Ajang Perlombaan

Olahraga sering dijadikan ajang perlombaan pada suatu acara seperti olimpiade, memperingati kemerdekaan, ulang tahun organisasi, dll. Tidak sedikit orang yang tertarik dengan olahraga. Berikut ini adalah beberapa olahraga yang sering dijadikan ajang perlombaan.

Sepak Bola

Sepak bola adalah suatu cabang olahraga yang menggunakan sebuah bola berbahan kulit/ karet dan dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain cadangan/penganti dengan tujuan memasukan bola ke gawang lawan. Olahraga ini banyak dijadikan ajang perlombaan dalam negeri maupun luar negri.

Bola Voli

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim berlawanan yang masing-masing tim memiliki enam orang pemain. Olahraga ini bisa dimainkan di lapangan indoor maupun outdoor dengan ukuran 18×9 meter dengan net untuk putra 2,43 meter dan putri 2,24 meter.

Futsal

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima pemain dan beberapa pemain penganti. Olahraga ini hamper mirip dengan sepak bola. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Olahraga ini bisa dimainkan di lapangan indoor maupun outdoor dengan ukuran minimal 25 x 15 meter dan maksimal 42 x 25 meter (untuk pertandingan internasional ukuran minimal 38 x 18 meter dan maksimal 42 x 25 meter).

Renang

Pada umumnya renang adalah upaya untuk menggerakkan (mengapungkan atau mengangkat) semua bagian tubuh terutama tangan dan kaki ke atas permukaan air. Macam-macam gaya renang yang diperlombakan antara lain gaya katak(gaya dada), gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu-kupu.

Lari

Pada umumnya lari merupakan sebuah metode untuk bergerak yang memungkinkan manusia bergerak dengan cepat menggunakan kaki dimana pada saat kedua kaki tidak menginjak tanah. Olahraga ini lumayan popular di ajang perlombaan besar seperti olimpiade. Dalam olahraga lari, ada 5 jenis lari yang dilombakan, seperti lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari jarak jauh, lari marathon, dan lari estafet.

 

Catur

Catur adalah permainan papan strategi dua orang yang dimainkan pada sebuah papan kotak-kotak yang umumnya berwarna putih dan hitam yang terdiri dari 64 kotak, yang disusun dalam petak 8×8, yang terbagi sama rata (masing-masing 32 kotak) dalam kelompok warna putih dan hitam. Catur membutuhkan strategi yang baik untuk dapat memenangkan permainan. Tujuan utama yaitu bisa mengambil pion raja milik lawan tanding.

 

Itulah beberapa olahraga yang sering dijadikan ajang perlombaan. Selain beberapa olahraga diatas masih banyak lagi olahraga yang sering dijadikan ajang perlombaan.

Penulis

foto Febri
Febri

Artikel Terkait

Beberapa dampak baik dahsyatnya jalan kaki untuk kesehatan
13 Juli 2018
OLAHRAGA SAMBIL MENDENGARKAN MUSIK TIDAK BAIK
27 Juli 2018
Jogging, Olahraga Ringan Bantu Kamu Meredakan Stres Sepulang Kerja
31 Juli 2018
Apakah Baik Minum Air Es Setelah Berolahraga?
16 September 2019
Cara Hidup Sehat
18 Februari 2020
Apakah metabolisme sama dengan mencerna???
03 Maret 2020

Komentar