Sederet Manfaat Labu Kuning, Bisa Untuk Kesehatan Juga Lho!

access_time | label Lainnya
Sederet Manfaat Labu Kuning, Bisa Untuk Kesehatan Juga Lho!

Labu kuning di Indonesia sering diolah menjadi kolak selama bulan puasa. Di luar negeri, labu kuning sering diukir dan dijadikan hiasan menyeramkan saat halloween. Labu kuning atau yang biasa dikenal dengan nama waluh ini tergolong dalam jenis buah dan masih satu golongan dengan timun.Ternyata buah bulat berwarna orange ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh karena kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Dan berikut beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan:

1.     Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Labu kuning sangat kaya akan kalium. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, sama pentingnya dengan mengurangi asupan natrium untuk menurunkan tekanan darah. Asupan kalium ke dalam tubuh juga mengurangi kemungkinan kamu untuk terserang stroke, pembentukan batu ginjal dan mempertahankan kepadatan tulang.

2.     Dapat Mempercantik Kulit

Manfaat labu kuning adalah merawat kecantikan kulit. Labu kuning kaya akan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan muda. Lebih dari itu, buah yang satu ini juga mampu menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut.

3.     Dapat Menajamkan Penglihatan

Kandungan beta-karoten yang terdapat di dalam labu, menjadikan buah ini kaya akan vitamin A. Beta-karoten, yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Pasalnya penurunan fungsi retina bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik. Selain itu, labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bisa membantu mencegah katarak dan bahkan memperlambat perkembangan degenerasi makula.

4.     Baik Untuk Gigi

Selain tulang, buah labu kuning juga bisa menyehatkan gigi. Menyikat gigi saja tidak cukup, kalau kamu masih mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Konsumsi buah labu kuning dapat menutrisi gigimu agar lebih kuat dan sehat.

5.     Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi labu kuning bisa jadi salah satu cara memperbaiki sistem kekebalan tubuhmu untuk menangkal berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin A yang berlimpah bisa membantu tubuh melawan infeksi, virus, dan penyakit menular. Minyak labu bahkan membantu melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur.

6.     Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Labu kuning sangat kaya akan kalium. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, sama pentingnya dengan mengurangi asupan natrium untuk menurunkan tekanan darah. Asupan kalium ke dalam tubuh juga mengurangi kemungkinan untuk terserang stroke, pembentukan batu ginjal, dan mempertahankan kepadatan tulang.

Nah, itulah manfaat dari labu kuning, penasaran rasanya gak? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaa..

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Share

Komentar

Komentar