Logo Eventkampus

Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama dan Segar di Dalam Kulkas

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama dan Segar di Dalam Kulkas

Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama dan Segar di Dalam Kulkas

Kulkas atau lemari pendingin seolah menjadi penyelamat bagi makanan-makanan agar tetap segar ketika dikonsumsi, dan bisa disimpan untuk jangka waktu yang relatif lama. Namun sayangnya ada beberapa bahan makanan tertentu yang tidak bisa bertahan lama. Atau, bahkan makanan tertentu justru menimbulkan bau yang menyengat sehingga menular ke makanan lainnya.

Cara menyimpan buah dan sayur yang tepat akan menentukan kualitas bahan makanan tersebut. Kualitas makanan yang buruk tentu akan berpengaruh pada nutrisinya. Jika ingin hidup lebih sehat maka awali dengan penyimpanan buah dan sayur yang tepat. Berikut tips menyimpan buah dan sayur agar tahan lama dan tetap berkualitas:

1.      Simpan dalam Keadaan Kering

Jika Anda ingin menyimpan sayur atau buah di kulkas, maka pastikan dalam keadaan kering. Jangan cuci sayuran sebelum di masukkan kulkas. Sayuran dan buah yang basah akan tak tahan lama dan cepat rusak jika langsung disimpan di lemari es. Namun, saran terbaik adalah dengan tidak mencuci sayuran sebelum masuk kulkas.

2.      Atur Tingkat Kelembapan

Sayur dan buah mengandung air, kandungan inilah yang harus selalu dijaga agar tahan lama dan tak cepat membusuk. Ketika buah atau sayur di panen, maka akan banyak air yang hilang akibat penguapan. Maka, jaga kandungan air tersebut dengan menyimpannya didalam plastik yang dilubangi agar ia tetap masih bisa bernafas.

3.      Pastikan Kulkas Bersih

Kulkas yang bersih juga menjadi hal yang penting agar kualitas makanan tetap terjaga. Suhu pada kulkas juga mampu menentukan munculnya bakteri atau tidak. Idealnya, suhu didalam kulkas yaitu antara 1-4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya mempengaruhi rasa dan juga aroma makanan. Sementara itu, jika lebih rendah akan membuat sayuran beku.

4.      Jangan Simpan di Suhu Ekstrem

Suhu yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat buah dan sayur tak tahan lama sehingga cepat membusuk. Terlebih lagi, jika Anda menyimpan sayur atau buah di freezer, maka ia akan langsung rusak saat dicairkan. Jika disimpan pada suhu sangat tinggi, maka bahan makanan tersebut akan lunak, berkerut dan kisut.

5.      Simpan dengan Kertas

Simpanlah sayuran dengan membungkusnya menggunakan kertas. Kertas mampu menyerap kelembapan yang berlebih sehingga sayuran tidak akan cepat membusuk. Jika ingin lebih kering, maka lapisi dengan tisu dapur di bagian bawah sayur, lalu bungkus kertas.

6.      Simpan Sayur & Buah di Tempat Khusus

Kini banyak jenis tempat penyimpanan sayur, buah dan makanan lain yang mampu menjaga kesegarannya. Pastikan tempat penyimpanan tersebut kedap udara sehingga sayuran akan lebih tahan lama disimpan di lemari es.

7.      Ambil Sesuai Kebutuhan

Jika Anda menyimpan semua sayuran di kulkas, lalu ingin mengolahnya, maka cukup ambil seperlunya. Sebaiknya hindari sayuran yang keluar masuk kulkas agar tahan lama. Jika sayuran terlalu sering keluar masuk kulkas maka kualitasnya tak baik lagi dan mudah busuk karena sering terpapar suhu yang berbeda-beda.

 

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Tips Memilih Makanan Sehat yang Baik untuk Tubuh
02 Januari 2020
Merasa Gabut di Kantor? 5 Hal Ini Dapat Kamu Lakukan di Waktu Senggang.
02 Januari 2020
Cara Merawat Bunga Mawar agar Berbunga Lebat
30 Januari 2020
Begini Cara Membedakan Madu asli dan Madu Palsu
21 Februari 2020
8 Tips Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak
26 Februari 2020
5 Cara Download Video YouTube Menggunakan HP,Mudah,Cepat dan Praktis.....
10 Maret 2020

Komentar