4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah dan Aman

access_time | label Tips & Trik
4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah dan Aman

Komedo merupakan tumpukan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Bagian tubuh yang sering memiliki banyak komedo adalah daerah sekitar hidung. Komedo ini dapat menjadi jerawat jika dijadikan tempat tumbuh bakteri. Oleh karena itu jika Anda datang ke klinik kecantikan, Anda juga akan diberikan perawatan untuk mengangkat komedo.

Komedo dibedakan menjadi dua jenis, komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam merupakan komedo yang tumpukan bakteri dan minyak yang berubah warna karena terkena udara. Sedangkan komedo putih merupakan tonjolan putih pada epitel kulit. Anda bisa membersihkan komedo dengan mengunjungi klinik estetika atau salon kecantikan.

Membersihkan komedo sendiri tentunya akan lebih aman menggunakan bahan-bahan alami. Berikut cara menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan-bahan alami beserta campurannya.

1. Scrub kopi dan gula

Selain untuk diminum, bubuk kopi dapat dijadikan sebagai scrub alami. Perpaduan antara kopi dan gula dapat mengangkat komedo membandel di wajah. Cara ini cukup sederhana. Juga tentunya lebih ramah kantong. Anda hanya perlu menyediakan kopi dan gula di rumah.

Pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat scrub dari kopi dan gula adalah menyiapkan dua sendok makan kopi. Kemudian campurkan bubuk kopi dengan air. Anda tidak perlu memberikan air terlalu banyak, cukup sedikit saja. Aduk sampai rata, kemudian tambahkan gula pasir satu sendok. Aduk kembali hingga merata. Buat campuran kopi dan gula menjadi mirip pasta. Tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental. Kemudian gosok scrub pada area komedo.

2. Garam

Garam biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Rasanya yang asin dapat membuat masakan menjadi lebih lezat. Namun ternyata tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur. Garam juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk memberantas komedo di wajah. Berikut cara untuk memberantas komedo dengan menggunakan garam.

Pertama, siapkan garam dan air. Masak air sebanyak 1-1,5 liter, tunggu sampai mendidih. Jika air sudah mendidih, tambahkan kurang lebih 3 sendok makan garam.

Matikan kompor, langkah selanjutnya adalah posisikan wajah Anda tepat di atas wadah air yang sudah masak. Pastikan wajah terkena uap air. Lakukan selama 10-15 menit.

Lakukan penguapan wajah dengan jeda saat Anda sudah mulai merasa pengap. Ambil napas dalam dan melakukan jeda adalah trik untuk melakukan uap wajah. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kehabisan napas saat melakukan uap wajah.

3. Campuran lemon, madu, dan gula

Cara menghilangkan komedo yang satu ini bisa dibilang cukup mudah. Meskipun bahan yang digunakan lebih banyak, Anda tetap bisa membuatnya di rumah.

Campuran antara lemon, madu, dan gula sebagai pembersih komedo bisa dibilang cukup ampuh. Berikut beberapa cara yang dilakukan untuk membuatnya.

Siapkan perasan lemon, gula pasir dan madu. Gunakan perbandingan 1:1 pada setiap komponen. Anda bisa menggunakan satu sendok madu dan satu sendok gula pasir.

Campurkan semua bahan menjadi satu. Kemudian oleskan campuran bahan tersebut ke area wajah yang berkomedo. Gunakan gerakan memutar dan pijat perlahan.

Diamkan kurang lebih 5-15 menit kemudian bersihkan wajah dengan kain yang sudah dibasahi air. Penggunaan campuran bahan ini untuk mengangkat komedo sebaiknya dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

4. Putih telur

Putih telur sebagai bahan pangan terkenal kaya akan kandungan nutrisi. Meskipun telur memiliki kandungan kolesterol dan lemak yang cukup tinggi, masih banyak kandungan baik di dalamnya. Lemak tak jenuh yang ada pada telur nyatanya juga dibutuhkan oleh tubuh.

Selain menjadi sumber pangan yang kaya protein, telur atau lebih tepatnya putih telur dapat menjadi bahan pengangkat komedo yang aman. Cara pengaplikasiannya cukup sederhana.

Pertama, pisahkan putih dan kuning telur. Kemudian kocok putih telur hingga berbusa. Ambil tisu dan potong sesuai kebutuhan. Jika sudah, oleskan putih telur pada kulit yang berkomedo.

Lapisi kulit yang sudah dioles putih telur dengan tisu. Kemudian lanjutkan dengan mengoleskan putih telur ke atas tisu yang sudah di tempel pada kulit.

Tunggu hingga benar-benar kering. Jika tisu sudah kering, lepaskan tisu dari arah bawah ke atas. Bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan selama 2-3 kali dalam satu rangkaian.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

Share

Komentar

Komentar