Logo Eventkampus

Dampak Negatif Tidak Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Dampak Negatif Tidak Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai upaya menurunkan berat badan, sebagian besar dari kita memiliki kecenderungan melewatkan sarapan pagi untuk mengurangi asupan kalori. Benarkah melewatkan sarapan pagi dapat menurunkan berat badan? Berikut dampak negatif jika kamu melewatkan sarapan pagi :

1.     Risiko Kanker

Melewatkan sarapan pagi dapat membuat kamu terlalu banyak makan pada siang hari. Ini akhirnya meningkatkan obesitas yang berisiko terkena kanker.

2.     Buruk Bagi Jantung

Melewatkan sarapan pagi kemungkinan menderita serangan jantung jika dibandingkan dengan mereka yang sarapan pagi. Orang yang menghindari sarapan pagi juga diketahui memiliki kerentanan yang meningkat terhadap hipertensi yang menyebabkan penyumbatan arteri. Ini juga meningkatkan risiko kondisi kesehatan kardiovaskular kronis termasuk stroke.

3.     Dapat Menaikan Berat Badan

Jika kamu sedang menjalani program penurunan berat badan dan memiliki kebiasaan melewatkan sarapan, pikirkan lagi sekarang. Dampak negatif dari orang yang tidak sarapan pagi memiliki peluang lebih tinggi untuk menambah berat badan.

4.     Resiko Diabetes

Jika kamu melewatkan sarapan kamu bisa terkena diabetes tipe 2 dibanding mereka yang rutin sarapan tiap hari.

5.     Bisa Menyebabkan Migrain

Melewatkan sarapan pagi memicu penurunan tingkat gula secera besar-besaran yang akhirnya memicu pelepasan hormon yang dapat mengimbangi kadar glukosa yang rendah. Di sisi lain, ini meningkatkan tingkat tekanan darah, memicu migrain dan sakit kepala.

6.     Mood Menjadi Buruk

Efek langsung dari melewatkan sarapan adalah gula darah menurun. Insulin dalam tubuh pun bekerja keras menghasilkan energi meskipun tubuh dalam keadaan ‘kosong’. Akibatnya akan langsung berkaitan dengan suasana hati dan reaksi otak.

7.     Memicu Kerontokan Rambut

Sarapan pagi adalah makanan klasik setiap hari dan memiliki peran utama dalam meningkatkan pertumbuhan folikel rambut. Jadi, jika kamu ingin rambut yang sehat dan kuat tanpa rambut rontok, maka kamu harus sarapan kaya protein setiap hari.

Nah, itulah beberapa dampak jika kalian melewatkan sarapan pagi ya. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Pentingnya Sarapan Sehat
06 Juli 2018
Cara Membuat Bubur Ayam
28 Januari 2020
Manfaat Sarapan Pagi
12 Maret 2020

Komentar