Logo Eventkampus

Manfaat olahraga berenang bagi tubuh kita...

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat olahraga berenang bagi tubuh kita...

Setuju kan dengan pernyataan bahwa berenang adalah suatu olahraga yang paling murah dan menyenangkan? Berenang juga punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin. Berikut ini ada 6 manfaat berenang bagi kesehatan tubuh: 

1. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat, berenanglah dengan rutin. Dengan berenang selama setengah jam, setidaknya 200-300 kalori di dalam tubuhmu akan terbakar. Namun itu semua harus didukung juga dengan gaya hidup sehat lainnya ya.

2. Menghilangkan Stress

Mungkin kamu tidak sadar bahwa dengan menyentuh air hatimu akan terasa lebih tenang. Apalagi berenang, kamu akan merasa rileks dan mood meningkat. Ketika berenang, otot-ototmu akan mengalami peregangan dan relaksasi, disertai dengan teknik pernapasan yang beriringan. Begitulah mengapa berenang dapat menyingkirkan stres dan depresi.

3. Mengurangi Resiko Diabetes

Risiko diabetes dapat berkurang karena berenang mampu membakar kalori, lemak, dan gula. Berenang tiga kali seminggu dengan masing-masing berdurasi 30 menit, kalori yang terbakar bisa mencapai 900 kalori. Ini sangat memungkinkan kamu terbebas dari diabetes. 

4. Mencerdaskan Otak

Menurut studi di Journal of Physiology, aliran darah ke otak meningkat sampai 14 persen ketika pria menceburkan diri di air sampai jantungnya. Mereka mengatakan bahwa tekanan air di rongga dada berhubungan dengan hal itu.

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang Dan Otot

Bagi yang menjalankan rutinitas yang kebanyakan duduk tegak di sekolah atau di kantor, berenang bisa dijadikan olahraga rutinmu, lho. Dengan berenang, otot dan tulang jadi semakin kuat karena seluruh ototmu akan bergerak dan akan terbentuk sempurna. Kamu tidak bisa menggerakkan seluruh tubuh dengan hanya bersepeda atau lari.

6. Meningkatkan Tinggi Badan

Membiasakan berenang saat masa pertumbuhan sangat membantu meningkatkan tinggi badan. Berenang sangat membantu pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.

Nah itu tadi beberapa manfaat berenang bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat ya🙏

Penulis

foto Agung Setiawan
Agung Setiawan
Panggil saja Agung👌

Artikel Terkait

Sering cemas berlebihan? Ini bahayanya!
19 Juli 2018
Gantilah Sikat Gigi Maksimal 3 Bulan Sekali
02 Agustus 2018
Cara Mengecilkan Lengan
17 Januari 2020
pentingnya menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas
21 Februari 2020

Komentar