Logo Eventkampus

5 Aspek yang Pengaruhi Habisnya Daya Baterai Smartphone Yang Wajib Kamu Ketahui!!!

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
5 Aspek yang Pengaruhi Habisnya Daya Baterai Smartphone Yang Wajib Kamu Ketahui!!!

Salah satu permasalahan smartphone yang kerap kita temui adalah betapa mudahnya kehabisan baterai. Hal ini memunculkan deretan inovasi di mana vendor smartphone menyematkan baterai kapasitas raksasa.

Namun ternyata masalah mudah habisnya baterai tak melulu soal kapasitas baterai. Ada banyak faktor yang secara langsung mempengaruhi performa baterai.Berikut ini ada 5 aspek yang mempengaruhi daya baterai smartphone.

1.     Aplikasi

      Pemakaian aktif aplikasi jelas mengurasi baterai. Ini pun berlaku untuk semua aplikasi: media sosial, kamera, bahkan kalkulator. Namun tentu, derajat kinerja baterainya tentu berbeda, tergantung kinerja aplikasinya.

           Jika Anda pengguna aplikasi gim, ini adalah aplikasi yang mungkin akan                           menguras baterai paling banyak. Hal ini karena digunakannya prosesor dan                     kartu grafis untuk merender visual dari gim yang Anda mainkan.

           Namun tak cuma aplikasi aktif, aplikasi pasif pun kerap menguras baterai.Ketika             layar mati, banyak aplikasi yang masih menyala. Seperti aplikasi streaming,                     media sosial, dan banyak aplikasi lain. Meski demikian, aplikasi ini benar-benar             dioptimasi oleh pengembang sehingga pemakaian baterai terasa tipis.

 

2.     Sistem operasi  Pada Latar Belakang

Sistem operasi terkadang jadi kunci utama apakah baterai bisa kuat atau lemah. Namun sebenarnya masalah ini sudah banyak diatasi oleh pengembang utamanya, yakni Google dan Apple.

Kini dapat dijamin, bahwa sistem operasi terbaru, baik Android maupun iOS, akan lebih teroptimasi dalam hal penggunaan daya. Jadi jika Anda masih menggunakan OS lawas, daya yang tersedot akan makin banyak.

Hal ini juga berlaku di kinerja latar belakang. OS lawas masih membiarkan aplikasi tetap bekerja meski layar sudah mati dan tidak kita operasikan. Di OS lebih baru, terdapat sistem yang langsung mematikannya sehingga lebih hemat baterai.

3.     Kapasitas baterai

Kapasitas baterai adalah hal paling mempengaruhi masa pakai harian baterai smartphone Anda. Semakin besar kapasitas baterai, yang diukur dengan satuan mAh, maka daya makin besar dan makin tahan lama.

Secara kasar pun, bisa disimpulkan dengan mudah bahwa kapasitas makin besar, Anda makin jarang mengecas. Hal ini adalah alasan mengapa banyak flagship menyematkan baterai besar, seperti Samsung Note 10+ (4.500mAh).

4.     Koneksi Jaringan

Koneksi jaringan adalah hal vital untuk baterai Anda. Paling umum tentu paket data, di mana jika menyala, modem akan selalu mencari sinyal. Terlebih jika sinyal lemah, modem akan bekerja lebih keras sehingga baterai lebih terkuras.

Bentuk koneksi lain adalah bluetooth, wifi, dan layanan lokasi seperti GPS. Ketiganya akan menguras baterai jika dinyalakan terus menerus. Wifi mungkin yang paling tak mengurasi karena penggunaannya bergantian dengan paket data.

Meski demikian, bluetooth dan lokasi adalah yang kerap menyala mengingat kita sering menggunakan earphone nirkabel dan juga memesan transportasi online.

5.     Suhu Dan Umur

Suhu dan usia smartphone jadi penentu performa baterai. Jika berada di suhu ruangan, baterai smartphone akan bekerja optimal. Namun ketika sedang tersengat matahari dan smartphone memanas, baterai akan cepat terkuras.

Selain itu, makin tua usia smartphone, kesehatan baterai akan makin buruk. Hal ini karena banyak sekali kebiasaan buruk yang kita lakukan ke baterai tersebut selama ini. Mulai dari lupa mencabut charger semalaman, mengoperasikannya saat dicas, dan lain sebagainya.

Nah itu tadi beberapa aspek yang mempengaruhi daya baterai smartphne,ke semga bermanfaat…..

Penulis

foto Agung Setiawan
Agung Setiawan
Panggil saja Agung👌

Artikel Terkait

INILAH 6 SMARTPHONE 2 JUTAAN TERBAIK JULI 2018
10 Juli 2018
Cara agar Smartphone Awet dan Tahan Lama
12 Juli 2018
Jangan Anggap Remeh, Masalah Kulit Ini Ternyata Disebabkan oleh Handphone
31 Juli 2018
Resiko Mengisi Daya (charger) Handphone dengan Laptop
09 Agustus 2019
Manfaat Menggunakan Incognito Mode pada Browser
12 Maret 2020

Komentar