Logo Eventkampus

Pentingnya Makan Buah&Sayur

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Pentingnya Makan Buah&Sayur

  Hidup sehat adalah salah satu dambaan semua orang, sayangnya banyak sekali orang yang tidak mampu mengatur pola hidup baik agar selalu sehat. Saah satu yang paling sering di langgar dalam pola hidup sehat adalah pola makan sehari-hari yang tidak ideal.

   Banyak sekali orang yang suka mengkonsumsi makanan sembarangan dan sering sekali makan makanan yang menyehatkan terutama remaja dan anak-anak. Padahal mengkonsumsi makanan yang menyehatkan bisa menghindarkan diri dari penyakit ringan hingga berbahaya, salah satunya dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. 

        Untuk bisa menjelaskan nilai penting bauh dan sayuran untuk kita konsumsi secara rutin, di bawah ini ada 6 alasan yang harus kamu tahu. Apa saja? Yuk langsung kita lihat saja


1. Mereka punya banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita

Makanan yang kita konsumsi idealnya bukan punya rasa yang enak saja namun juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita. Salah satu nutrisi yang kita butuhkan adalah vitamin dan mineral.

Buah dan sayur adalah alternatif makanan yang memiliki banyak kandungan seperti folat, zat besi, magnesium, kalium, dan berbagai jenis vitamin untuk tubuh.


2. Buah dan sayur masih tergolong murah

Saat ini sayur dan buah-buahan bukan makanan yang sulit kita dapatkan. Mereka juga memiliki harga yang tidak realtif mahal supermarket, bahkan sangat murah ketika di jual di pasar tradisional. Di bandingkan dengan jajanan yang mahal dengan sedikit nutrisi, buah dan sayur memiliki nilai yang jauh lebih besar terlebih dengan manfaatnya yang sangat banyak untuk tubuh kita. Sehingga mulailah mengubah pola hidup dengan mengganti jajanan yang tidak sehat dengan sayur dan buah-buahan. 


3. Mengandung kalori yang sangat rendah

Semakin kita bertambah usia, semakin besar potensi obesitas menyerang diri kita. Salah satu faktor yang mempengaruhi obesitas adalah banyaknya kita memakan makanan yang memiliki kalori tinggi hingga melebihi kadar kalori yang harus kita konsumsi tiap harinya. 

Jika kita ingin mengurangi total asupan kalori, makan kita harus banyak makan makanan yang rendah kalori, banyak sekali buah-buahan dan sayuran yang memiliki kalori hampir nol. Contoh sayuran dan buah yang rendah kalori antara lain apel, asparagus, brokoli, kubis, wortel, timun, anggur, pepaya, tomat, dan masih banyak lagi. 


4. Rasanya tetap enak walau dimakan mentah

Buah dan sayur bisa di kelola menjadi apa saja, rasanya juga bermacam macam mulai dari manis, pahit dan asam. Banyak orang tidak suka makan sayur atau buah tertentu, namun sebenarnya dengan pengelolahan yang benar dan kombinasi yang sesuai buah dan sayur pastinya memiliki rasa yang sangat lezat. Bahkan banyak sekali buah yang bisa kita konsumsi mentah tanpa perlu di olah. Ini salah satu contoh cara mengelolah sayur yang pas. 


5. Bisa mencegah penyakit masuk ke tubuh kita

Buah dan sayur memiliki senyawa kimia alami bernama fitonutrien yang biasa di gunakan untuk menjaga agar tetap sehat, melindungi mereka dari serangga dan matahari. 


6. Berserat

Mengonsumsi makanan berserat sangat penting untuk tubuh kita, terlebih untuk untuk kesehatan jantung dan pencernaan. Serat juga berperan penting dalam mengendalikan berat badan kita, karena tidak mudah di pecah dan di cerna tubuh. Makanan yang paling banyak seratnya adalah buah dan sayuran seperti pir, blackberry, pisang, brokoli, wortel, dan sawi. Makanan lain yang mengandung banyak serat yakni biji bijian dan gandum. 

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Pentingnya "Safety Riding" buat Pengendara Sepeda Motor
12 Februari 2020
Manfaat buah kedondong!!
13 Maret 2020

Komentar