Logo Eventkampus

Posisi Tidur yang Benar

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Posisi Tidur yang Benar

       Secara umum, posisi tidur seseorang adalah telentang, tengkurap, atau berbaring menyamping. Jika posisi tidur Anda mengakibatkan ketidaknyamanan atau muncul rasa sakit ketika bangun, maka Anda disarankan untuk mengganti posisi tidur. Jika tetap tidur dalam posisi yang salah, dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan. Posisi tidur yang baik bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan seseorang.

1. Telentang dengan kedua tangan lurus di samping badan

Posisi ini dianggap paling baik untuk kesehatan tulang belakang dan tulang leher. Namun, hindari menggunakan bantal yang tinggi atau menumpuk banyak bantal. Posisi bantal tinggu bisa membuat leher tertekuk ke depan, selain tidak nyaman juga bisa memicu dengkuran.

Bagi Anda yang bertubuh gemuk, posisi ini tidak terlalu disarankan. Sebab, bisa menimbulkan gangguan tidur sleep apnea, yakni henti napas sejenak saat sedang tidur. Hal ini membuat tidur jadi kurang berkualitas, karena pasokan oksigen ke otak selama tidur terhambat.

2. Telentang dengan tangan terentang ke atas

Posisi tidur ini bagus untuk kesehatan punggung, juga menghindari kerutan atau jerawat di wajah.

3. Posisi tidur sehat tengkurap

Posisi tidur ini baik untuk kesehatan pencernaan, pastikan Anda bisa bernapas dengan lancar. Jika tidur tengkurap terasa menyesakkan, sebaiknya hindari posisi ini.

4. Meringkuk seperti janin dalam kandungan

Posisi tidur sehat yang satu ini paling cocok untuk para bumil. Karena bisa meningkatkan sirkulasi darah ibu juga janin dalam kandungan. Tidur meringkuk dengan miring ke sisi kiri, akan mencegah rahim menekan jantung atau hati. Posisi ini juga disarankan bagi mereka yang punya masalah tidur mendengkur.

5. Berbaring menyamping dengan tangan lurus

Posisi ini bermanfaat mencegah naiknya asam lambung, kondisi tulang belakang yang lurus akan membuat Anda terhindar dari keluhan sakit punggung atau leher. Saluran napas yang lebih terbuka membuat masalah mendengkur bisa diatasi. Bagi mereka yang menderita sleep apnea, posisi ini direkomendasikan untuk dicoba.

6. Tidur menyamping tangan ke depan

Sama seperti poin sebelumnya, posisi ini baik untuk kesehatan tulang belakang. Juga mengatasi masalah gangguan tidur seperti mendengkur dan sleep apnea. Posisi ini juga disarankan bagi Anda yang bertubuh gemuk. Kondisi tangan yang ke depan, tidak akan memberi tekanan pada bagian tubuh yang lain.

7. Posisi tidur sehat dengan miring ke sebelah kiri

Tidur miring ke sebelah kanan kurang baik untuk kesehatan, karena bisa membuat sirkulasi drah tidak lancar. Tidur pada posisi miring kanan bisa juga membuat Anda jadi sering bergerak dalam tidur dan tidurpun menjadi tidak nyenyak.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Bahaya Kebisaan Tidur Dekat Handphone
03 Januari 2020
Berapa Lama Kita Harus Tidur Setiap Hari?
06 Februari 2020
Manfaat Kebiasaan Tidur Dalam Kegelapan
10 Februari 2020
Bahaya di Balik Bangun Tidur dan Langsung Berdiri Secara Tiba-tiba
17 Februari 2020
Faktor yang Memengaruhi Bangun Tidur Badan Terasa Lelah
20 Februari 2020
Manfaat Tak Terduga Membaca Buku Sebelum Tidur Bagi Kesehatan
21 Februari 2020

Komentar