Logo Eventkampus

13 Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
13 Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan
  1. Melancarkan Proses Pencernaan

Bayam merah menjadi salah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan kita. Kandungan di dalam bayam merah dapat membantu mengatur kerja usus – usus kita. Seperti yang sudah disebutkan dalam tabel, bayam merah merupakan sumber serat yang sangat baik karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

    1. Membantu Mengobati Anemia

    Kekurangan zat besi di dalam tubuh dapat menyebabkan kita mengalami anemia atau kekurangan darah merah. Bayam merah sendiri mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga bisa menjadi alternatif sayuran yang bisa digunakan sebagai obat anemia. Cara menggunakan bayam merah sebagai obat anemia adalah dengan membuat jus bayam merah. Anda juga bisa menghaluskan bayam merah dan dijadikan pasta untuk campuran makanan lainnya. Atau, anda juga bisa mencampurkan bahan – bahan makanan lain yang alami seperti madu, air perasan lemon, atau telur pada pasta atau jus bayam merah yang sudah anda buat.

      1. Menyembuhkan Gangguan Ginjal

      Kandungan yang ada di dalam bayam merah juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan atau masalah pada ginjal. Bayam merah sudah terbukti dapat membersihkan ginjal dan mengembalikan fungsi kinjal seperti sedia kala.

        1. Membantu Membersihkan Sistem Reproduksi Wanita

        Jika anda seorang wanita yang baru melahirkan, bayam merah dapat digunakan sebagai detox. Dengan meminum jus bayam merah secara teratur, kandungan di dalam bayam akan membantuk mendetoksifikasi kotoran yang ada di dalam organ reproduksi setelah melahirkan.

          1. Mengobati Sakit Disentri

          Batang bayam merah sangat baik untuk mengobati sakit disentri. Gunakan sepuluh batang bayam merah, cuci batang – batang tersebut kemudian haluskan menjadi pasta. Lalu beri sedikit garam untuk perasa, peras dan ambil airnya. Minum air perasan bayam tersebut selama sakit disentri berlangsung, dan disentri pun bisa segera sembuh dengan bantuan si bayam merah ini.

            1. Menyehatkan Rambut

            Dengan air perasaan bayam merah yang sudah dicampur dengan garam, anda juga bisa membuat rambut menjadi lebih indah dan jauh lebih sehat. Cukup dua hingga tiga kali dalam seminggu, jus perasan bayam bisa dengan cara langsung diminum atau dengan menjadikannya sebagai masker untuk rambut anda. kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi, membuat bayam sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan menguatkan akar – akarnya.

              1. Menyembuhkan Gigitan Hewan Berbisa

              Tahukah anda jika bayam merah dapat mengobati luka akibat gigitan hewan ataupun serangga yang memiliki racun? Luka akibat gigitan hewan atau serangga beracun seperti kalajengking bisa disembuhkan dengan mengguanak bayam merah yang terlebih dahulu dihaluskan. Pasta bayam merah lalu dioleskan pada luka gigitan hewan tersebut.

              1. Membantu Memperbaiki Penglihatan (Kesehatan Mata)

              Bayam merah mengandung vitamin A yang sangat tinggi yakni 248% untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh tubuh kita akan vitamin A. Vitamin A sendiri dapat berguna untuk memperbaiki sel – sel yang rusak, dan dapat juga untuk memperbaiki masalah atau gangguan pada mata.

                1. Sebagai Makanan Diet Paling Ampuh

                Tahukah anda jika bayam merah bisa membantu menurunkan berat badan? Bagi anda yang sedang dalam program diet, memperbanyak mengkonsumsi bayam merah bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bayam merah mengandung banyak serat, tetapi rendah akan lemak jenuh ataupun lemak trans, bahkan bayam merah sendiri rendah akan karbohidrat.

                  1. Sebagai Sumber Antioksidan

                  Bayam merah yang mengandung hampir lebih dari dari keseluruhan kebutuhan harian tubuh akan vitamin A atau sekitar 248%, menjadikan bayam sebagai sumber antioksidan yang jauh lebih baik dari sayuran manapun. Antioksidan dapat berguna untuk menangkal radikal – radikal bebas yang bisa mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker.

                    1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

                    Kekebalan tubuh atau sistem imunitas tubuh yang rendah dapat menyebabkan kita dengan mudah terserang penyakit. Dengan konsumsi bayam merah yang dikenal tinggi akan vitamin A, akan membantu kita menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap stabil.

                      1. Mengobati Demam

                      Gunakan bayam merah untuk obat demam. Bayam merah sangat berguna untuk meredakan suhu badan yang tinggi dan demam dan dapat mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.

                      1. Membantu Perkembangan Janin

                      Folat dan betain juga ternyata menjadi kandungan yang ada di dalam bayam merah. Apa gunanya Folat dan Betain? Kedua unsur ini sangat berguna dalam proses perkembangan dan pertumbuhan janin sehingga ketika kelak lahir bayi tidak mengalami cacat bahkan cenderung menjadi anak yang pintar.

                      Penulis

                      foto devifa
                      devifa
                      SMK WIKARYA KARANGANYAR

                      Artikel Terkait

                      Ini 5 manfaat mengejutkan cuka apel untuk kecantikan
                      26 Juli 2018

                      Komentar