Logo Eventkampus

Mahasiswa FEB UNS Raih Juara Tunggal Esai Pilar Pedia

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa FEB UNS Raih Juara Tunggal Esai Pilar Pedia

UNS – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menjadi juara tunggal dalam Esai Pilar Pedia.
Mahasiswa FEB UNS yang membanggakan tersebut adalah Afifah Ma’wa.

Dalam lomba yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Afifah Ma’wa menulis esai dengan judul “Penerapan Critical Thinking Practice dalam Optimalisasi Peran Ibu Cerdas untuk Mencetak Generasi Emas”.

“Dalam essai saya tersebut, saya mencoba memberikan solusi terhadap rendahnya penerapan critical thinking atau berpikir kritis dalam proses pendidikan di Indonesia,” ujar Afifah Ma’wa dalam wawancaranya kepada uns.ac.id, Kamis (17/9/2020).

Ia mengatakan, dengan mulai menerapkan critical thingking practice pada anak usia dini, hal tersebut akan mempengaruhi proses berfikir anak. Sehingga, akan mencetak generasi emas untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDG’s) 2045.

Hasil membanggakan yang diraih Afifah Ma’wa, tidak dapat dilepaskan dari usaha tekunnya selama mempersiapkan lomba. Ia mengatakan, untuk mendapatkan pemahaman mengenai suatu topik atau tema esai, Afifah Ma’wa mengumpulkan berbagai jurnal/ publikasi untuk dibaca.

Ia membutuhkan waktu sekitar dua Minggu untuk mempersiapkan esainya. Waktu menulis yang biasa dimanfaatkan Afifah Ma’wa ia ambil saat senggang. Ia membiasakan menulis judul, kerangka ide, mencari referensi, dan merevisi esainya agar sesuai dengan tema lomba.
“Karena saya yakin dengan membaca, saya akan mendapatkan suatu ide baru dari riset-riset yang pernah ada sebelumnya. Saya juga meminta pendapat atau pandangan orang lain mengenai isi esai yang saya buat,” terangnya.

Hal lain yang membuat Afifah Ma’wa menjadi semakin mantap adalah sebelum mengikuti ajang Esai Pilar Pedia ini, Afifah Ma’wa mengaku sudah pernah mencoba menulis esai dengan tema serupa. Dan, saat ia mengetahui BEM FIS UNJ menyelenggarakan lomba, Afifah Ma’wa langsung mendaftarkan diri dan mengumpulkan esai sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan.

Meski lomba dilangsungkan secara daring akibat pandemi Covid-19, Afifah Ma’wa sadar bahwa niat untuk menjadi mahasiswa yang produktif harus terus ia jaga. Ia juga berharap agar rekan-rekan mahasiswa lainnya bisa memanfaatkan berbagai peluang yang ada untuk berkreasi mengasah kemampuan diri.

“Dengan kondisi pandemi seperti ini, tidak menjadi alasan untuk kita berdiam diri saja tanpa melakukan suatu hal positif dan produktif. Meskipun kita hanya bisa berada di rumah saja, tapi saya berharap kita sebagai mahasiswa bisa terus berkreativitas sesuai dengan minat dan bakat kita. Tetap jaga kesehatan dan semoga pandemi ini cepat berlalu,” harapnya. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-students/mahasiswa-feb-uns-raih-juara-tunggal-esai-pilar-pedia.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Mahasiswa UNS Borong Piala dalam Hasanudin Tenis Cup 2019
31 Oktober 2019
Mahasiswa Prodi Sasda Banggakan Nama UNS dalam Imbasadi USU 2019
03 Desember 2019
Prodi Sosiologi UNS Gelar Seminar Nasional dan Konferensi Sosiologi Perkotaan
13 Desember 2019
Pelari Kenya Juarai Kategori Internasional 11K Open UNS 2020
09 Maret 2020
Peran Alumni FSRD UNS dalam Sektor Industri Kreatif dan Pariwisata di Indonesia
08 September 2020
Mahasiswa UNS Raih Prestasi di Ajang LKTI Temu Ilmiah Hukum
30 September 2020

Komentar