Logo Eventkampus

Bantu Olah Air Bersih, ITS Aplikasikan Proses Reverse-Osmosis Membrane

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Bantu Olah Air Bersih, ITS Aplikasikan Proses Reverse-Osmosis Membrane

Tim Abmas yang berada di bawah arahan Prof Dr Fahimah Martak MSi ini mengawali penelitian dengan mencari metode yang cocok untuk pengolahan air minum. Dalam program ini, pengujian kualitas air sumur menjadi hal yang utama. “Selain itu, sampel air untuk pengujian juga berasal dari air kolam Departemen Kimia ITS serta air PDAM yang mengandung kontaminan seperti bakteri E. Coli, senyawa beracun, dan logam berat,” jelas Fahimah.

Guru besar Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Analitika Data ITS tersebut menuturkan bahwa metode yang telah diuji berhasil diselesaikan dan menghasilkan produk berupa air minum sesuai standar baku mutu air minum pada PP Nomor 82 Tahun 2001. Untuk itu, metode tersebut dibuat dalam sebuah rangkaian alat dengan spesifikasi seperti pengolahan air minum pada umumnya sesuai arahan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Rangkaian alat tersebut terdiri dari pemisahan melalui lima rangkaian penyaring (filter) untuk menyaring logam berat, partikel-partikel berukuran mikro, serta menghilangkan bau. Setelah itu, air berpindah ke reaktor ultraviolet yang mampu mematikan mikroba. “Selanjutnya, air dialirkan melalui membran reverse osmosis untuk memurnikan dari kandungan logam, virus, ataupun bakteri,” papar guru besar bidang senyawa kompleks tersebut.

Alat penjernihan air tersebut telah diberikan kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ishlahiyah yang terletak di Desa Pagentan, Kecamatan Singosari, Malang. Hal ini dilakukan dalam upaya pemenuhan kemandirian air minum dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Untuk itu, sosialisasi mengenai penjernihan air dan cara pengoperasian alat juga diberikan kepada para santri dan pengurus ponpes.

Fahimah mengungkapkan bahwa alat yang telah berhasil dipasang tersebut memiliki sumber air yang langsung terhubung dengan keran air masjid yang bersumber dari air sumur. Ketika keran air dihidupkan, maka air dapat langsung melewati proses pengolahan tanpa perlu ditampung dalam tandon. “Hal ini merupakan langkah efisien untuk pengolahan air minum, sehingga penghuni ponpes dapat langsung meminum air hasil olahannya,” terang ibu satu anak ini.

Di balik keberhasilan pengujian, Tim Abmas ITS ini juga telah melalui sejumlah tantangan karena memerlukan waktu sedikit lebih lama dari perkiraan merujuk pada kondisi air yang akan diolah. Hal tersebut menyebabkan perlunya studi literatur mendalam agar menghasilkan metode siap pakai dan produk air minum yang aman. “Pandemi Covid-19 pun menjadikan program yang sudah dijadwalkan sejak bulan Juni lalu ini mengalami perubahan jadwal, sehingga banyak waktu dan tenaga yang dipangkas,” terang Fahimah.

Dengan demikian, Fahimah beserta tim berharap alat pengolahan air hasil penelitian timnya ini menjadikan para santri dapat memanfaatkan air minum tersebut, sehingga mampu menghemat biaya pembelian air minum kemasan. Begitupun dengan masyarakat wilayah setempat, karena alat penjernihan tersebut diletakkan di masjid sehingga dapat dimanfaatkan semua pihak.

Fahimah pun menilai bahwa terdapat peluang bagi ponpes untuk memproduksi air kemasan dari hasil pengolahan air tersebut melalui pengembangan lebih lanjut. Harapannya, air minum kemasan ini dapat menjadi produk khas ponpes yang mampu menambah keuntungan bagi pihak terkait. “Semoga ke depannya dapat terwujud untuk dibuatkan mesin kemasan, perizinan, serta sertifikasi halal sehingga produk air minum kemasannya juga dapat dijual ke pasaran,” pungkasnya. (tri/HUMAS ITS)



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2020/10/22/bantu-olah-air-bersih-its-aplikasikan-proses-reverse-osmosis-membrane/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Suroboyo Bus, Alternatif Kurangi Kemacetan di Kota Surabaya
25 Oktober 2019
Hari Anak Universal: Selamatkan Anak dari Status Terlantar
21 November 2019
Dosen ITS Gagas Metode Pengolahan Sampah Hasilkan Listrik
16 Januari 2020
Perjalanan Galih Cetak Berbagai Prestasi Berkat Inovasi Beton Geopolimer
28 April 2020
ITS Pertahankan Peringkat di Webometrics
04 Agustus 2020
ITS Galakkan Gaya Hidup Baru dalam Pengelolaan Sampah
01 September 2020

Komentar