Logo Eventkampus

Mahasiswa PWK UNS Raih Juara 3 Penulisan Esai Festival Iklim KLHK 2020

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa PWK UNS Raih Juara 3 Penulisan Esai Festival Iklim KLHK 2020

UNS — Kabar gembira datang dari Program Studi (Prodi) Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS). Pasalnya, salah satu mahasiswa Prodi PWK FT UNS berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional pada akhir Oktober lalu. Mutiana Ayu Cindy Purwanti, mahasiswa PWK yang saat ini duduk di semester 5 meraih juara 3 lomba penulisan esai nasional yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (Ditjen PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Mutiana Ayu Cindy Purwanti atau yang kerap disapa Cindy menuturkan bahwa Ia mengusung gagasan tentang konsep kota yang adaptif terhadap perubahan iklim atau city climate urbanism.
“Tujuannya untuk mewujudkan kota tangguh dan responsif terhadap tantangan zaman karena saat ini perkotaan merupakan penyumbang utama emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan polutan global. Konsep city climate urbanism ini mengkolaborasikan 5 prinsip utama yaitu sustainability, connectivity, efficiency, circularity, dan resiliency dalam tatanan kehidupan perkotaan. Poin utama penerapan konsep ini berfokus pada pengurangan risiko dengan meningkatkan ketahanan ekosistem dan komunitas melalui pengoptimalan penggunaan sumber daya,” terangnya saat diwawancarai oleh uns.ac.id pada Kamis (12/11/2020).

Cindy berhasil mengalahkan sebanyak 256 peserta dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia.
“Perasaan saya saat diumumkan mendapat predikat juara 3 tentu sangat bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada kedua orangtua yang selalu mensupport saya. Awalnya ikut lomba esai ini untuk mengasah kemampuan diri di bidang kepenulisan dan memanfaatkan waktu luang ditengah kegiatan belajar mengajar daring, tapi Alhamdulillah malah dapat juara,” ungkap mahasiswa semester 5 tersebut.

Lomba tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Iklim KLHK 2020 yang berlangsung selama 2 hari yaitu pada 26-27 Oktober 2020. Tahapan lomba ini diawali dengan pendaftaran pada 7-10 Oktober, kemudian dilanjutkan pengiriman karya hingga 15 Oktober serta pengumuman pada puncak Festival Iklim yakni 27 Oktober 2020 melalui laman https://www.festivaliklim2020.id/.

Cindy berharap melalui torehan ini semoga gagasan yang Ia usung tidak hanya sekadar gagasan saja, tetapi dapat direalisasikan di Indonesia.
“Harapan saya kedepan semoga gagasan ini dapat diimplementasikan di wilayah perkotaan Indonesia. Selain itu, semoga torehan ini dapat sebagai pemacu saya dan teman-teman mahasiswa UNS agar terus mengukir prestasi  baik di kancah nasional maupun internasional,” pungkas Cindy. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-students/mahasiswa-pwk-uns-raih-juara-3-penulisan-esai-festival-iklim-klhk-2020.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Mahasiswa UNS Borong Piala dalam Hasanudin Tenis Cup 2019
31 Oktober 2019
Mahasiswa Prodi Sasda Banggakan Nama UNS dalam Imbasadi USU 2019
03 Desember 2019
Prodi Sosiologi UNS Gelar Seminar Nasional dan Konferensi Sosiologi Perkotaan
13 Desember 2019
Mahasiswa UNS Ciptakan Disinfection Chamber untuk Kurangi Resiko Penularan Covid-19
29 Maret 2020
Mahasiswa FMIPA UNS Sosialisasikan Bahaya Covid-19
15 Juli 2020
Mahasiswa DIII Teknik Sipil SV UNS Raih Juara Innovation Concrete Competition Undip
26 Agustus 2020

Komentar