Logo Eventkampus

Mahasiswa UGM Raih Prestasi dalam Ajang Asian English Olympics

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa UGM Raih Prestasi dalam Ajang Asian English Olympics

Dua mahasiswa UGM meraih prestasi pada Asian English Olympics 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Nusantara pada 24-26 Februari 2021. Matthew Pungga Cornelius Nathanael Gultom, mahasiswa Fakultas Teknik, meraih gelar 8th Main Best Speaker, sementara rekan satu timnya, Rakyan Sekar Kinanthi, mahasiswa FISIPOL, meraih 6th Main Best Speaker.

Dalam kompetisi ini, UGM mengirimkan dua tim, yang seluruhnya merupakan anggota dari English Debating Society (EDS) UGM. Tim A yang beranggotakan Matthew dan Rakyan berhasil maju hingga perempat final, sementara tim lainnya gugur pada tahap perdelapan final.

“Pada babak eliminasi sayangnya saya gugur pada tahap quarterfinal, tapi dari poin yang saya kumpulkan pada babak preliminary saya mendapat 8th best speaker dari 188 speaker yang mengikuti lomba,” terang Matthew.

Lebih lanjut ia menerangkan, AEO Debate merupakan lomba debat parlementer dengan sistem British Parliamentary. Lomba ini diikuti 94 tim dari berbagai universitas di Asia, termasuk diantaranya berasal dari Korea Selatan, Cina, Jepang, Vietnam, Filipina, serta Malaysia. Di lomba ini terdapat lima babak preliminary, dan empat babak eliminasi.

Topik yang diangkat pada tiap ronde debat, imbuh Matthew, sangat menarik namun juga cukup berat. Mulai dari pembahasan seputar kebijakan batas usia pemilu, hubungan internasional Amerika Serikat dan Timur Tengah, hingga gerakan lingkungan.

“Bahkan, ada juga tentang masalah terkini seperti saham pada aplikasi robinhood yang baru-baru ini marak,” ungkapnya.

Berbeda dari kompetisi debat pada umumnya, keseluruhan tahapan kompetisi ini diselenggarakan secara daring. Matthew yang sebagai anggota EDS UGM telah aktif mengikuti berbagai kompetisi debat mengungkapkan, kompetisi debat di masa pandemi yang diselenggarakan secara daring membuka kesempatan yang lebih besar bagi banyak peserta termasuk dirinya.

Kompetisi daring dianggap memiliki keuntungan tersendiri, salah satunya menghemat biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk mengikuti lomba secara fisik, seperti biaya perjalanan, penginapan, dan lainnya.

“Sekarang karena mayoritas lomba diadakan daring, jadi cukup membayar biaya registrasi saja dan bisa lebih sering ikut lomba, bahkan lomba internasional,” ucapnya.

 

Penulis: Gloria



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/20864-mahasiswa-ugm-raih-prestasi-dalam-ajang-asian-english-olympics

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

“Wonder” Aplikasi untuk Tangani Kekerasan Perempuan dan Anak
16 Desember 2019
Jusuf Kalla Terima Anugerah Hamengku Buwono IX
20 Desember 2019
Tim Peneliti UGM Manfaatkan Limbah Daun Jati untuk Pakan Ternak
03 Januari 2020
Fakultas Hukum UGM Rayakan Dies Natalis ke-74
17 Februari 2020
Guru Besar UGM: Jangan Sembarangan Konsumsi Klorokuin
24 Maret 2020
Cegah Penyebaran Corona Dengan Monitoring Pemudik
02 April 2020

Komentar