Logo Eventkampus

Bersama ITS, Mensos Diskusikan Rancangan Program Penanggulangan Bencana

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Bersama ITS, Mensos Diskusikan Rancangan Program Penanggulangan Bencana

Bertempat di Gedung Rektorat ITS, mantan Wali Kota Surabaya ini mengungkapkan, jika kontribusi masyarakat dan anak-anak muda di Indonesia ini sudah maksimal ketika ada bencana di wilayah Indonesia. Dari sana ada banyak hal yang harus diperbaiki dan dikaji ulang untuk sisi pencegahannya. “Maka dari itu, kami mendiskusikan tentang perancangannya, salah satunya desain rumah tahan bencana, seperti banjir, gempa dan sebagainya,” jelas perempuan yang akrab disapa Risma ini

Hal ini, menurut Risma, juga didukung dengan letak Indonesia yang berada pada ring of fire. Risma melanjutkan, berdasarkan pemetaan ternyata ada beberapa wilayah yang dilalui jalur megathrust dan bisa juga terkena tiga bencana. “Daerah yang dilalui jalur ini bisa mengalami banjir, erupsi gunung berapi, dan tentu gempa yang berpotensi tsunami,” ungkapnya.

Seiring menyambung silaturahim, Risma berharap jika nantinya rencana ini bisa didukung oleh ahli-ahli yang ada di ITS. Dengan berbagai ilmu yang terkait, Risma mengaku sangat senang, karena rancangan ini ternyata sudah didesain oleh pihak ITS.

Nantinya penanggulangan bencana ini tidak hanya rumah, tetapi juga dilengkapi fasilitas yang berbasis teknologi. “Contohnya, jika di daerah rawan banjir dilengkapi dengan boat, jika rawan gempa dilengkapi tenda, dan lain-lain. ITS menyampaikan ada ahli di sini (di ITS, red) yang siap menangani,” tuturnya di hadapan awak media usai berdiskusi.

Mendukung pernyataan Mensos, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng memaparkan, jika ITS saat ini turut membantu program dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan membantu masyarakat yang terkait dalam hal bencana. Rancangan penanggulangan bencana ini sudah dilakukan pemetaan sesuai wilayah dengan potensi bencana alamnya. “Penanggulangan berbasis desain rumah antibencana ini juga sudah menyesuaikan dengan kondisinya, nantinya akan dikaji lebih lanjut oleh para ahli,” papar guru besar Teknik Elektro ini.

Ashari menyampaikan bahwa program ini masih dalam tahap dilaporkan ke presiden terlebih dahulu. Selain itu program yang dicanangkan oleh Mensos ini juga menggandeng perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Indonesia (UI) “Kolaborasi ini juga menyesuaikan ahli bidang terkaitnya, seperti ITS dengan ilmu teknologinya, Unair dan UI mungkin membantu dalam ilmu humanioranya,” pungkasnya. (HUMAS ITS)

Reporter: Fatima Az Zahra



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2021/04/17/bersama-its-mensos-diskusikan-rancangan-program-penanggulangan-bencana/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Teliti Sensor Kimia, Dosen Muda ITS Raih Young Scientist Award
22 November 2019
Mari Lebih Cerdas Memilih Makanan Bergizi
02 Maret 2020
ITS Rancang Lampu LED IUV untuk Sterilisasi Covid-19
29 April 2020
Rancang Pemodelan Konsumsi Energi, Dosen ITS Kantongi Penghargaan
14 Agustus 2020
KKNT ITS Bagikan 400 Masker di Kota Bontang
07 Oktober 2020
Berdayakan Petani Lemon, Dua Mahasiswa ITS Gagas SayLemon
18 November 2020

Komentar