Logo Eventkampus

MODAL SUKSES DENGAN KONSISTEN

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
MODAL SUKSES DENGAN KONSISTEN

Mulailah Konsisten Dari Yang Kecil
Amalan-amalan yang paling disukai Allah ialah yang lestari (langgeng atau berkesinambungan) meskipun sedikit. (HR. Bukhari)

Jangan disalahartikan, kata sedikit disini bukan berarti menyuruh sedikit. Dari artikel yang saya baca, hadist ini menekankan pada berkesinambungannya. Artinya amal yang dilakukan secara lestari itu disukai Allah. Tentu saja, apa lagi jika kita melakukan amal yang banyak dan berkesinambungan.

Begitu juga untuk mencapai keberhasilan. Anda bisa memulai melakukan sesuatu yang kecil dulu, tetapi lakukanlah dengan konsisten. Jika Anda ingin sukses ngeblog misalnya, mulailah dengan melakukan komentar pada blog orang lain sepatah dua patah kata secara konsisten. Suatu saat, Anda akan menjadi seorang blogger besar..

Jadi, agar Anda bisa konsisten, mulailah dengan yang kecil dulu.

Ingatlah Nilai Tindakan Anda Sekecil Apa Pun

Saat Anda membaca Al Quran, setiap huruf akan mendapatkan balasan dari Allah. Ya, setiap huruf. Artinya sekecil apa pun ibadah itu akan bernilai. Agama mengajarkan agar kita merasakan dan mengingat nilai amal kita sekecil apa pun. Manfaatnya, sampai sekarang lantunan ayat suci Al Quran tidak pernah berhenti. Banyak orang yang secara konsisten membaca Al Quran.

Begitu juga untuk meraih sukses lainnya. Jika Anda melakukan sesuatu yang akan membawa kepada keberhasilan, maka ingatlah setiap langkah Anda akan mendekatkan kepada sukses. Jika Anda sedang berkerja, ingatlah setiap ketikan Anda di komputer akan membawa hasil. Jika Anda menabung untuk menunaikan ibadah haji, setiap setoran akan mendekatkan Anda ke tanah suci.

Melawan kemalasan

Anda tidak akan mengetahui Bagaimana Agar Bisa Konsisten jika Anda begitu malas bertindak secara konsisten. Saya beritahu disini, bahwa penghambat Anda melakukan konsisten positif seperti ibadah, menjalankan bisnis, belajar, melakukan perbaikan diri, karena Anda konsisten dengan hal lain yang negatif.

Yaitu konsisten memperturutkan atau mengikuti hawa nafsu. Hawa nafsu yang dimaksud salah satunya adalah keenganan untuk meninggalkan kenyamanan atau keenganan melakukan yang tidak nyaman. Saat kita akan melakukan sesuatu, maka ada perasaan dalam hati kita bahwa kita akan melakukan sesuatu yang tidak nyaman.

Untuk melatih melawan penghambat konsisten ini, tekadkan diri untuk shalat subuh secara konsisten setiap hari. Bagi laki-laki berjama’ah di Masjid, bagi perempuan tepat waktu sesaat setelah adzan sudah langsung shalat.

Kuncinya,,, Lawan semua perasaan yang “menyuruh” Anda berhenti.

Bagi Anda yang saat ini sudah konsisten shalat subuh berjamaah ke Masjid, artinya Anda sudah memiliki kemampuan mengendalikan diri. Kemampuan Anda bisa terapkan untuk hal lainnya. Misalnya jika Anda seorang pebisnis, coba pikirakan apa yang harus Anda konsisten lakukan setiap hari, maka praktekan, Anda akan bisa karena Anda sudah mampu.

Bagi seorang sales, pedagang, profesional, atau anggota MLM, menghubungi orang adalah salah hal yang harus dilakukan secara konsisten. Biasanya akan ada rasa enggan untuk menghubungi orang, maka lawan, paksakan, dan jangan berhenti. Ingat bahwa Anda adalah orang yang mampu melakukan pengendalian diri.

Jangan Mengikuti Alasan (excuse)

Tidak peduli, alasan Anda benar atau salah, jangan ikuti, jangan dengarkan, dan jangan turuti. Kecuali alasan mendesak dan syar’i. Misalnya kecelakaan atau ada hal yang benar-benar urgen. Kebanyakan alasan hanyalah pembenaran saat Anda mengikuti keenganan.

Agar Konsisten, Pengawasan Sering Diperlukan

Jika Anda masih sulit untuk konsisten, mungkin Anda perlu bantuan orang lain untuk mengawasi Anda. Jika Anda seorang pekerja, Anda tentu diawasi oleh atasan Anda. Jika kurang diawasi, Anda bisa meminta untuk diawasinya. Aneh memang, banyak orang yang menghindar dari pengawasan atasan, tetapi jika Anda ingin sukses, mintalah diawasi.

Jika perlu, milikilah seorang mentor atau coach. Anda bisa mendapatkan pengawasan dari seorang mentor atau coach. Bahkan, jika perlu Anda bisa mencari seorang “komandan” yang mengawasi tindakan Anda dan mampu memberikan hukuman bagi Anda. Kenapa tidak?

Jadi ada tiga ide bagaimana agar bisa konsisten, yaitu mulailah dari yang kecil, mengingat nilai dari setiap tindakan sekecil apa pun, jangan ikuti rasa enggan, dan jika perlu mintalah seseorang untuk mengawasi Anda. Sebenarnya masih ada ide-ide lain agar Anda bisa konsisten, insya Allah lain kali dibahas.

 

Jadi, sekian tips untuk tetap konsisten dalam hal positif, terimakasih untuk artikel di motivasi islami yang juga membuat saya juga ikut termotivasi.

sumber:motivasiIslami.com

Penulis

foto Anggun Prastiwi
Anggun Prastiwi
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

Artikel Terkait

Kedokteran gigi unsoed kembali membuat gebrakan di bidang seni
23 Desember 2017
cara menghentikan rasa pusing
13 Januari 2018
Terungkap, Inilah Jawaban Atas Misteri Segitiga Bermuda !
19 Januari 2018
Makanan Yang Bisa Membahayakan Jika Dimakan Berlebihan
27 Agustus 2018
Beregu putri Indonesia menang 2-1 dari China
29 Agustus 2018
Usaha Cowok Dalam Memahami Ceweknya. Karena Remeh, Seringnya Dianggap Angin Lalu Saja
30 Agustus 2018

Komentar