Logo Eventkampus

10 Fakta Seru Film Kartun SpongeBob Squarepants

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
10 Fakta Seru Film Kartun SpongeBob Squarepants

SpongeBob SquarePants adalah sebuah serial animasi yang paling populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun ini ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat dan dicipta oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, dan diterbitkan oleh perusahaannya, United Plankton Pictures Inc.Dan kali ini saya akan sedikit mengulas fakta-fakta seru  di animasi film Spongebob ,kira – kira fakta seru apa lagi ya yang ada dibalik film kartun ini? Langsung aja kita cari tahu yuk :

1. Nama asli Spongebob
Karakter utama dalam kartun ini yang biasa kita sebut dengan panggilan Spongebob, sebenarnya memiliki nama asli yaitu Spongeboy. Tapi, sayangnya nama tersebut sudah menjadi nama merek kain pel dan secara legal sudah dimiliki dan tidak bisa digunakan lagi. Untuk itu, penciptanya mengubah nama menjadi ‘Bob’ namun, untuk menjaga agar orang tidak mengira Spongebob adalah sekotak keju karena bentuk dan warnanya yang menyerupai keju, pencipta Spongebob tetap mempertahankan sebutan ‘Sponge’ di depannya. Maka, jadilah sekarang kita menyebut karakter berbentuk sponge ini dengan panggilan Spongebob.

2. The Krusty Krab
Tahu Mr Krabs kan? Ceritanya, setelah perang, Mr. Krabs mengalami depresi berat. Kemudian dia membeli sebuah rumah jompo, The Krusty Krab. Lewat kerja keras dan segala usaha, Krusty Krab pulih kembali dan menjadi toko burger paling populer di bawah laut.

3. Dibalik 7 Karakter Utama Spongebob Squarepants
Selain Spongebob, kita begitu mengenal sosok teman-teman Spongebob sendiri yaitu, Patrick, Sandy, Squidward, Gary, Mr. Krabs, dan Plankton. Namun, tahukah kamu kalau masing-masing karakter tersebut ternyata merupakan cerminan dari sifat buruk manusia?
Seperti Spongebob yang ambisius serta penuh nafsu, Patrick dengan kemalasannya, Sandy yang penuh kesombongan, Squidward si pemarah, Gary yang sangat pelit, Mr. Krabs dengan keserakahannya, dan Plankton yang sangat iri hati. Sadar atau tidak, itulah yang sebenarnya terjadi.

3. Mr. Krabs
Menurut episode “Sleepy Time”: Usia Mr Krabs adalah 62 tahun Nomor SIM-nya: A5265661 Tanggal lahir: 30 November 1942 Alamat: 3541 Anchor Way, Bikini Bottom Dia punya binatang peliharaan bernama Mr Doodles

4. Umur Spongebob
Apa ada yg tahu sebenarnya berapa umur si Spongebob ini? Mungkin beberapa dari kalian ada yang penasaran dan menebak – nebak umur asli karakter berwarna kuning ini. Buat kamu yang mungkin mengikuti setiap episode film kartun ini dan tidak pernah ketinggalan satu pun, mungkin masih mengingat episode “Sleepy time” dan “No Free Rides”. Dalam dua episode tersebut, Spongebob sempat menunjukkan Surat Izin Mengemudinya, dimana disitu tertera tanggal lahir nya yaitu, 14 Juli 1986 kalau begitu, umur Spongebob saat ini adalah menjelang umur 30-an. Siapa yang tebakannya benar? Hehe.

5. Squidward adalah Seekor Gurita Langka
Tentu kalian mengenal betul sosok tetangga yang tidak menyukai kehadiran Spongebob dan Patrick dalam serial ini, ia adalah Squidward. Faktanya, Squidward merupakan seekor gurita, bukan cumi-cumi seperti namanya (squid). Ia merupakan gurita yang langka, karena ia hanya memiliki enam tentacles saja, tidak seperti gurita pada umumnya yakni delapan tentacles. Hal ini didasari karena sang pembuatnya berpikir jika karakter tersebut memiliki delapan tentacles akan membuatnya tampak terlihat terlalu terbebani.

6. Rumah Spongebob
SpongeBob tinggal di rumah nanas karena Nanas adalah motif yang biasa digunakan dalam Kerajinan Polynesian, Stephen Hillenburg juga merasa kalau SpongeBob bakal suka bau dari rumah nanasnya. Jika dipikirikan lagi masih terasa aneh di dasar lautan bisa tumbuh nanas.

7. Spongebob dan Patrick tidak bisa berenang
Jika dipikir-pikir padahal mereka tinggal di dasar lautan, tapi pada kenyataannya dalam kartun tersebut pemeran utamanya yaitu spongbob dan seorang sahabat sejatinya patrick tidak bisa berenang

8. Penggagas Spongebob
Penggagas Spongebob, Stephen Hillenberg, pernah mendalami studi sumber daya kelautan di Universitas Humboldt, California. Hillenberg juga pernah mengajar biologi kelautan di Orange County Marine Institute, California, dan kemudian mengambil program master dalam animasi eksperimental di Institut Seni California. Pengalaman dan hobi itulah yang kemudian melahirkan kartun SpongeBob SquarePants pada tahun 1996.


9. Bikini Bottom
Ternyata tempat tinggal Spongebob dan teman – teman yang dinamakan Bikini Bottom itu bukan sekedar tempat fiksi semata lho. Tapi, memang tempat tersebut benar – benar eksis alias ada di dunia nyata. Tempat tersebut dinamakan Bikini Atoll yang dijadikan sebagai tempat percobaan senjata nuklir oleh Amerika Serikat. Karena alasan itu juga lah semua makhluk yang tinggal di Bikini Bottom dalam Spongebob Squarepants agak konyol dan juga jenaka.

10. Presiden Obama penggemar Spongebob
Salah satu fakta yang agak mengejutkan adalah ternyata orang nomor satu di Amerika Serikat, Presiden Obama merupakan salah satu penggemar Spongebob lho! Beliau sempat mengaku kepada salah satu stasiun televisi yaitu TV Guide pada tahun 2007 bahwa ia sering menonton kartun Spongebob bersama putri – putrinya. Wah, gak disangka – sangka ya


Pada dasarnya film kartun itu hanya sebuah bentuk imajinasi seseorang dalam menciptakan ide cerita agar menjadi lebih menarik dan ciri khas dari film kartun itu sendiri, walaupun terkadang aneh tapi tetap menarik untuk di tonton.

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar