Logo Eventkampus

Fakta unik bulan februari....!

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Fakta unik bulan februari....!

Fakta unik bulan februari....!

Februari itu diambil dari bahasa latin, yaitu Februus, artinya dewa penyucian. Dulu, zaman Romawi kuno, dalam 1 tahun terdapat 10 bulan, karena 61 hari pada musim dingin tidak dimasukkan ke dalam kalender. Akhirnya ada seorang yang mereformasi kalender, yaitu Numa Pompilus. Dia membutuhkan kalender yang bisa dijadikan patokan kapan harus diadakan upacara untuk bertani. Akhirnya bulan baru ditambahkan, yaitu Ianuarius dan Februarius. Ianuarius berjumlah 29 hari, sedangkan Februarius berjumlah 28 hari, jadi total dalam 1 tahun adalah 355 hari.

Bulan terpendek

Semua orang pastinya tahu bahwa bulan februari adalah bulan terpendek dalam setahun meskipun jika tahun tersebut adalah tahun kabisat. Bulan februari hanya memiliki 28 atau 29 hari dan bahkan sebelum kalender Julius Caesar diperbarui pada tahun ke 49 sebelum masehi, februari juga masih merupakan bulan terpendek dengan 28 hari. Meski demikian tahukah kamu bahwa dizaman dahulu meski februari punya 29 hari mereka tetap menyebutnya 28 hari karena tanggal 24 februari-nya ada dua.

Tanpa bulan purnama

Karena memiliki hari dengan jumlah yang paling sedikit yakni 28 atau 29 hari, februari adalah satu-satunya bulan yang bisa tidak dilewati oleh bulan purnama. Dengan kata lain, ditahun-tahun tertentu bulan purnama tidak akan muncul dibulan ini seperti yang terakhir kali terjadi ditahun 1999. Peristiwa ini juga akan kembali terulang dibulan februari tahun 2018. Coba saja perhatikan apakah hal tersebut memang benar!

Tahun kabisat

Kamu tentunya tahu apa makna dari tahun kabisat atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan leap year. Tahun kabisat bergantung dan berkaitan dengan bulan februari secara langsung karena tahun kabisat hanya terjadi jika bulan februari memiliki 29 hari dan hal ini hanya terjadi sekali dalam empat tahun. Uniknya kamu yang lahir pada tanggal 29 februari ditahun kabisat berarti hanya akan merayakan ulangtahunmu empat tahun sekali Lho!

Tahun baru china

Mungkin kamu tidak menyadarinya bahwa tahun baru imlek atau tahun baru bagi masyarakat Tionghoa biasanya dirayakan dibulan ini atau pada bulan januari meskipun lebih sering dan lebih banyak dirayakan dibulan februari tepatnya sekitar tanggal 21 januari hingga 20 februari. Karena februari memiliki jatah kemungkinan perayaan lebih besar yakni 20 hari dibandingkan januari yang memiliki 10 hari, itulah mengapa tahun baru imlek lebih sering terjadi dibulan februari.

bulan para penggemar coklat

Di Amerika serikat dan negara disekitarnya, bulan februari adalah bulannya para penggemar coklat atau disana dirayakan sebagai Chocolate Lovers month. Tidak heran ya karena memang bulan ini adalah bulan perayaan hari kasih sayang atau hari valentine yang jatuh setiap tanggal 14 februari. Tapi tahukah kamu bahwa dibulan ini masyarakat diseluruh dunia banyak menghabiskan uang untuk membeli coklat dan diperkirakan jumlahnya mencapai 400 juta USD atau setara dengan bertrilyun-trilyun rupiah.

 

Nah itulah beberapa hal unik yang ada di bulan februari ini.

Penulis

foto ilham rizki kurniawan
ilham rizki kurniawan

Artikel Terkait

Ini Loh 9 Cara Mendapatkan Like Banyak di Instagram Tanpa Hashtag
15 Agustus 2018
7 Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit Saat Belanja Online
20 Agustus 2018
Hasil Bulu Tangkis AG 2018: Indonesia vs Cina Skor 1-3, Gagal Emas
23 Agustus 2018
KKN Undip Support Warga Pagertoyo Bebas ODF
27 Agustus 2018
Peluang Medali Indonesia di Asian Games 2018 Hari Ini
28 Agustus 2018
Pramudita cs Rebut Emas ke-27 Indonesia di Asian Games
29 Agustus 2018

Komentar