Logo Eventkampus

Cara Flash Hp Android

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Flash Hp Android

                                                                                                     Cara Flash HP Android

Ok guys disini saya akan membagikan tips bagaimana flashing hp android tanpa pc atau laptop.Flashing atau install ulang ini merupakan salah satu solusi paling ampuh untuk mengatasi berbagai error serta masalah yang terjadi pada smartphone berOS android. Untuk itu, sebagai pengguna android, kalian paling tidak harus tahu bagaimana cara melakukan flashing/install ulang pada smartphone. Namun sebelum itu, marilah kita mengetahui terlebih dahulu apa saja fungsi serta manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan install ulang pada smartphone.

Untuk mengatasi smartphone android yang mengalami gagal booting/bootloop.

Memperbaiki sistem bug ataupun error yang terdapat pada OS android.

Mengganti stock rom dengan custom rom agar tampilan smartphone menjadi lebih bervariasi.

Mengembalikan firmware smartphone ke stock rom, kadang jika memakai custom rom akan ada beberapa bug yang sangat mengganggu.

Untuk mengembalikan smartphone ke keadaan pabrikan.

 Tools dan Cara Flashing/Install Ulang Android yang Mati Total

Buat kalian yang ingin cepat-cepat belajar bagaimana cara install ulang OS android harap bersabar terlebih dahulu. Kenapa? Karena untuk melakukan flashing pada smartphone kita membutuhkan beberapa software dan bahan. Maka dari itu kita harus mengumpulkan bahan yang diperlukan terlebih dahulu sebelum mulai tutorial flashing untuk mengatasi android yang bootloop.

Bahan dan Software yang Diperlukan Saat Melakukan Install Ulang Android

Untuk bahan serta aplikasi yang dibutuhkan untuk flashing tidak terlalu banyak dan juga bisa kita dapatkan dengan mudah di internet. Silahkan cari bahan-bahan berikut ini di internet :

Aplikasi Odin, usahakan untuk mendapatkan versi yang terbaru.

Firmware/ROM yang sesuai dengan tipe smartphone masing-masing. Di Google sangat banyak jadi tidak perlu khawatir.

Aplikasi Android USB Driver.

 

Cara Flashing HP Android Dengan PC Laptop

Untuk tutorial yang pertama kita akan menggunakan PC, silahkan ikuti panduan install ulang OS android berikut ini. Pertama install Android USB Driver pada PC kalian, apabila sebelumnya sudah pernah menginstall silahkan lewati langkah ini. Install juga aplikasi Odin yang telah kalian download tadi.

Sebelumnya pastikan baterai smartphone dalam kondisi terisi paling tidak diatas 60%. Hal ini untuk mencegah smartphone kehabisan daya ketika proses flashing sedang berjalan. Setelah itu matikan smartphone dengan menekan tombol power selama beberapa detik. Pastikan bahwa HP kalian sudah dalam keadaan mati sepenuhnya.

Sekarang kalian perlu membuat smartphone kalian agar masuk ke dalam download mode. Caranya adalah dengan menekan tombol power + home + vol down selama beberapa detik. Ketika smartphone bergetar, lepaskan tombol power namun tetap tekan home dan vol down. Tunggu hingga masuk ke download mode, setelah muncul tulisan lepaskan kedua tombol tadi kemudian tekan vol up untuk melanjutkan.

1. Kemudian buka aplikasi Odin yang telah kalian install sebelumnya, sambungkan smartphone dengan menggunakan USB ke komputer. Biasanya Odin akan langsung mendeteksi device kalian.

Cara Install Ulang (Flash) Smartphone Android Dengan dan Tanpa PC

 

2. Setelah itu klik pada bagian PDA, kemudan cari dan pilih file ROM atau firmware yang sudah kalian downlad sebelumnya. Biasanya akan berformat md5, jika masih dalam bentuk archive silahkan ekstrak terlebih dahulu dengan winrar.

Cara Install Ulang (Flash) Smartphone Android Dengan dan Tanpa PC

 

3. Tunggu hingga file masuk ke dalam Odin, setelah itu langsung saja kalian tekan Start untuk memulai proses flashing/install ulang pada smartphone android.

Cara Install Ulang (Flash) Smartphone Android Dengan dan Tanpa PC

 

4. Setelah muncul tanda berwarna hijau di bagian pojok kiri atas, segera cabut USB dari komputer. Proses flashing telah selesai, namun kadang setelah ini smartphone akan mengalami bootlop. Ikuti tutorial dibawah untuk mengatasi bootlop tersebut.

Cara Install Ulang (Flash) Smartphone Android Dengan dan Tanpa PC

 

5. Masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol power + home + vol up selama beberapa detik. Setelah bergetar silahkan lepaskan tombol power dan tetap tahan tombol home + vol up hingga masuk ke recovery mode.

6. Setelah masuk recovery mode silahkan gerakan pilihan dengan tombol volume. Pilih pada wipe data/factory reset dan juga wipe cache partition. Gunakan tombol home untuk memilih/ok.

Cara Install Ulang (Flash) Smartphone Android Dengan dan Tanpa PC

 

7. Silahkan lakukan reboot dan selamat smartphone android kalian telah berhasil di flash/install ulang.

 

Cara Flashing Android Tanpa Menggunakan PC/Komputer

Untuk cara kedua ini terbilang lebih simple dan tidak memerlukan komputer, namun tutorial ini biasanya hanya bisa digunakan untuk kasus ringan.

Siapkan ROM atau firmware yang sesuai dengan smartphone android kalian dan letakkan di Sd Card.

Setelah itu masuk ke recovery mode dengan cara yang sama seperti diatas yaitu tekan tombol power + home + vol up. Setelah masuk recovery mode lakukan wipe data/factory reset, wipe cache partition dan juga wipe dalvik cache.

Kemudian pilih opsi Apply update from SDcard, lalu cari file ROM/firmware yang telah kalian siapkan sebelumnya. Tekan tombol home untuk memilihnya.

Tunggu hingga proses instalasi selesai, setelah done, silahkan pilih pada opsi reboot now di bagian paling atas untuk membuat smartphone melakukan booting.

Sekarang smartphone android kalian sudah selesai di flash.

 Sekian trik untuk flash hp android tanpa pc atau laptop.

Penulis

foto candraadipermana
candraadipermana

Artikel Terkait

Ini Dia Manfaat Beras Kencur !!
09 April 2018
Pernah Galau Mikir hal Seperti Ini, Tandanya Kamu Sudah Dewasa
11 April 2018
ARTIKEL TENTANG GURU PROFESIONAL
30 Juli 2018
5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Keriput pada Wajah
31 Juli 2018
Cara Mengatasi Bootlop Pada HP Android Tanpa Flashing
01 Agustus 2018

Komentar