Logo Eventkampus

Mahasiswa Kedokteran Hewan se-Indonesia Bertemu di IPB, Sosialisasikan One Health

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa Kedokteran Hewan se-Indonesia Bertemu di IPB, Sosialisasikan One Health

Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan kegiatan  National Veterinary Competition 2017, bertempat di FKH, Kampus IPB Dramaga, Bogor (12-14/5). Acara yang merupakan program kerja tahunan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKH IPB ini, mengusung tema “Membangun Sinergitas diantara Mahasiswa Kedokteran Hewan se-Indonesia dengan Poros Semangat One Health.

Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat mahasiswa kedokteran hewan untuk dapat berprofesi sebagai dokter hewan; menumbuhkan rasa cinta mahasiswa kedokteran hewan terhadap profesi kedokteran hewan; menjalin persaudaraan dan kebersamaan antar mahasiswa kedokteran hewan di seluruh Indonesia; meningkatkan kepedulian mahasiswa kedokteran hewan terhadap kondisi masyarakat masa kini; melatih kemampuan mahasiswa kedokteran hewan untuk mengembangkan bakat menulis; desain poster, film dokumenter, film edukasi, dan berpikir cepat dalam bidang veteriner; serta menyosialisasikan konsep one health kepada mahasiswa kedokteran hewan khususnya dan khalayak ramai umumnya.

Dekan FKH IPB Prof. Dr. drh. Srihadi Agungpriyono menyampaikan selamat kepada finalis cabang Lomba Poster dan Film Dokumenter yang telah lolos ke tahap final National Vetcom 2017. Dikatakannya, mahasiswa harus mengembangkan softskilltanggung jawab, kepemimpinan, kedisiplinan, kejujuran dan kesabaran dalam meraih prestasi.

“Mereka harus tampil sebagai pemimpin besar yang dibutuhkan masa depan, tidak lagi menjadi pemimpin sektoral atau lingkup yang kecil. Kegiatan ini membuka mata masyarakat tentang pentingnya penerapan konsep One Healthkemudian menjadi jalinan awal yang kuat diantara mahasiswa kedokteran hewan se-Indonesia. Dengan kegiatan ini mari tingkatkan prestasi dan semangat untuk maju dan berinovasi untuk kemajuan kedokteran hewan di Indonesia,” ujarnya.

Ketua panitia National Veterinary Competition 2017, Vincent Morgan Leonardo menyampaikan, kegiatan ini diprakarsai oleh Departemen Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM) BEM FKH IPB yang fokus dalam mengembangkan minat dan prestasi mahasiswa khususnya di bidang akademik. “Saya percaya bahwa mahasiswa kedokteran hewan merupakan orang-orang yang akan mendatangkan perubahan besar bagi bangsa Indonesia. Calon-calon dokter hewan dari seluruh Fakultas Kedokteran Hewan yang ada di Indonesia adalah orang-orang yang akan menciptakan kesejahteraan bagi umat manusia dengan memegang teguh pada semboyan kedokteran hewan, yaitu Manusya Mriga Satwa Sewaka,” katanya.

Cabang lomba yang dikompetisikan dalam kegiatan ini adalah lomba essai, lomba film dokumenter, lomba poster, lomba film edukasi dengan tema antimicrobial resistance, dan Lomba Cerdas Cermat Veteriner (LCCV). Total seluruh finalis vetcom ada 97 orang dari semua cabang lomba. Para peserta berasal dari IPB, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Hasanudin (Unhas), Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ( UWKS). (Awl)

Sumber : ipb.ac.id

Penulis

foto Eventkampuscom
Eventkampuscom
EventKampus

Komentar