Logo Eventkampus

Menapaki Jejak Sejarah UI di Pameran Arsip Universitas

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Menapaki Jejak Sejarah UI di Pameran Arsip Universitas

Memperingati Hari Kearsipan Nasional ke-46 yang jatuh pada Kamis (18/5/2017), Kantor Arsip UI menggelar pameran “UI Dalam Citra” yang berlangsung selama 3 hari, 17-19 Mei 2017 di Area Perpustakaan UI.

Dalam pameran ini, dipamerkan dokumen kearsipan UI yang menandai momen-momen terpenting yang mewarnai perjalanan UI sebagai sebuah universitas.

Dokumen sejarah tertua yang ditampilkan adalah dokumen foto tahun 1930 yang menggambarkan praktek mahasiswa Fakultas Kedokteran, yang saat itu masih bernama STOVIA (School tot Opleiding voor Indische Artsen).

Tidak hanya foto-foto, pameran tersebut juga menampilkan dokumen kearsipan berupa video, seperti video peresmian kampus UI Depok ataupun kegiatan halal bihalal yang dilakukan di UI.

Semua dokumen kearsipan yang ditampilkan telah dapat diakses terbuka oleh publik.

“Menurut UU Kearsipan Indonesia, batas waktu arsip yang tersimpan, misalnya di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menjadi terbuka setelah melewati masa penyimpanan 25 tahun,” kata Mathius, salah satu panitia.

Momentum-momentum sejarah dalam pameran ini ditampilkan sepanjang lorong Perpustakaan UI. Beberapa arsip (materi dan sumber naskah) momentum sejarah yang dipamerkan tersebut adalah :

  1. Pembangunan UI Depok (Peresmian UI Depok, Peresmian Pusat Studi Jepang UI
  2. Orientasi Mahasiswa tahun 1982, 1986
  3. Kerjasama UI dengan Bank Negara Indonesia dan berbagai negara
  4. Pertemuan PT-BHMN 2002
  5. Malam Keakraban UI 1984
  6. Honoris Causa Johanes Jacobus, Nataniel Iskandar, Slamet Iman Santoso
  7. Penataran P4 kepada Mahasiswa Baru Tahun 1984 & 1986
  8. Wisuda berbagai angkatan

Pameran ini bertujuan untuk mensosialisasikan data-data kearsipan yang ada di Kantor Arsip sekaligus memberi tahu pemanfaatan arsip tersebut bagi dunia akademisi.

 

Sumber : ui.ac.id

Penulis

foto Eventkampuscom
Eventkampuscom
EventKampus

Komentar