Logo Eventkampus

Pentingnya Harga Diri

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Pentingnya Harga Diri

Memang, sekali lagi kita tegaskan di sini jika harga diri memang tidak tampak, tidak terlihat. Namun, harga diri ini bisa kita rasakan.


Lantas, apa pentingnya harga diri bagi seseorang ataupun setiap orang?


Harga diri sangatlah penting. Karena, dengan adanya harga diri yang kita miliki, kita bisa dihormati oleh satu sama lain. Kita bisa menunjukkan, dengan harga diri, kita memiliki derajat yang sama di mata orang lain. Bahkan, orang juga tak segan untuk merendahkan harkat dan martabat yang kita miliki.


Maka dari itulah dengan adanya harga diri, seseorang atau setiap orang merasa dirinya untuk bisa dihormati, dihargai dan tidak ingin diejek, diolok-olok, apalagi diremehkan dan direndahkan oleh orang lain.


Dengan harga diri, kita bisa menjadi orang yang memiliki rasa percaya diri, tidak malu-malu, apalagi merasa takut. Kita akan menjadi orang yang pemberani.


Salah satu contoh kecilnya sebagai orang yang pemberani, ia akan berani saat maju di depan kelas, berani untuk berbicara di depan kelas, berani untuk mengerjakan soal di papan tulis, berani bernyanyi di hadapan teman-teman kelas, dan lain sebagainya yang ada di sekolah.


Harga diri seseorang atau yang kita miliki juga harus tetap kita jaga dengan baik. Salah satu contohnya ialah dengan cara berbuat baik satu sama lain.


Tentu, kita tidak ingin dipandang jelek atau buruk di mata orang lain. Maka dari itu, kita harus jaga kebaikan diri kita untuk tetap bisa berbuat baik, dengan seperti :

Tidak menyontek saat ulangan
Berkata sopan dan santun
Tidak mengejek ataupun mengolok-olok orang lain
Tidak mencuri barang milik teman
Belajar dengan giat setiap hari

Itulah perbuatan baik yang terlihat di depan mata kita sehingga kita bisa menjadi orang yang baik dan bisa menolong harga diri kita.


Berbeda halnya jika kita menjadi orang yang jahat, memiliki niat jahat. Kita nantinya juga tidak akan disukai oleh teman. Teman-teman akan membenci diri kita.


Maka dari itu, tetaplah jaga diri kita karena harga diri itu sangatlah penting dalam kehidupan bermasyarakat agar tidak direndahkan orang lain dan agar kita bisa saling menghormati satu sama lain.


Semoga Bermanfaat :D

Penulis

foto SETO TRI WIBOWO
SETO TRI WIBOWO

Artikel Terkait

SOUND BOXXX
01 November 2017
Peneliti UI Temukan Metode Deteksi Dini Kanker Paru
12 Januari 2018
"Coding" Siap Masuk ke Dalam Kurikulum Sekolah di Indonesia
19 Januari 2018
Beberapa Hal Yang Dapat Merusak Mata
19 Januari 2018
ALTERNATIVE BOSAN
22 Januari 2018
7 Hal Menandakan si Doi Mulai Bosan
22 Januari 2018

Komentar