Logo Eventkampus

TERNYATA ADA LEBIH DARI 100 TRILIUN BAKTERI DI TUBUH KITA

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
TERNYATA ADA LEBIH DARI 100 TRILIUN BAKTERI DI TUBUH KITA

TERNYATA ADA LEBIH DARI 100 TRILIUN BAKTERI DI TUBUH KITA

 

Eventkampus.com orang tua kita selalu berkata agar kita dapat menjaga kebersihan selain menjalan sunnah rosul juga dapat menjaga kesehatan tubuh kita agar tidak mudah dijangkiti oleh berbagai penyakit. Namun sebenarnya, di dalam tubuh manusia itu sendiri mengandung bakteri yang sangat banyak. Menurut para ahli bilogi, jumlah bakteri tersebut ada sekitar 100 triliun!

 

Tetapi Anda tidak perlu panik. Sebab seluruh bakteri itu sifatnya baik. Kini peneliti pun berusaha memahami fungsi dari mikroba tersebut dan gunanya bagi kesehatan manusia.

Sebagaimana dilansir dari Mother Nature Network, mikroba-mikroba yang ada pada manusia memiliki pengaruh besar pada sistem kinerja tubuh. Bahkan bakteri baik tersebut harus dianggap sebagai bagian dari genom.

Pada sekitar 10 triliun sel manusia, ada 10 kali mikroba di dalamnya. Jadi ada sekitar 100 triliun penampang bakteri yang tak terlihat. Ini artinya, tubuh manusia memiliki ekosistem unik sekaligus rumit.

Estimasi berat bakteri pada manusia adalah seperempat sampai dua kilogram per orang. Banyaknya bakteri itu sendiri ternyata juga dipengaruhi oleh berat badantiap-tiap orang.

Untungnya, kebanyakan mikroba tersebut sifatnya baik, bahkan bersimbiosis mutualisme dengan manusia. Mereka seolah dibolehkan tinggal dan tumbuh di dalam tubuh, sehingga bakteri tersebut pun 'membalas budi' pada inangnya. Misalnya memerangi bakteri jahat atau membantu proses pencernaan makanan karena tubuh manusia kekurangan enzim tertentu yang tidak mampu memecah nutrisi.

Hubungan timbal balik yang saling menguntungkan ini pun bermanfaat di bidang sains dan medis. Contohnya membantu para ahli memahami kaitan antara mikroba dalam tubuh dan penyakit kronis seperti asma, diabetes, obesitas, dan yang lain.

Memang masih banyak hal yang belum terungkap tentang bagaimana cara triliunan bakteri tersebut bekerja sama dengan tubuh. Namun berusaha memahaminya mampu membuat kita mengerti betapa kesehatan sangat berarti dan perlu dijaga setiap saat. 

 

Tentunya dengan menjaga kebersihan kita dapat terhindar dari berbagai resiko terjangkiti oleh berbagai macam virus maupun bakteri yang dapat merugikan diri kita.

 

Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda dan juga dapat memotivasi anda agar rajin menjaga kebersihan baik kebersihan tubuh,lingkungan,dan juga makanan.

 

Penulis

foto indra
indra

Artikel Terkait

Tips menghemat penggunaan air bersih di rumah
18 Juli 2018
Keuntungan sehat jika kamu sering menghabiskan waktu di luar ruangan
23 Juli 2018
Jangan Anggap Remeh, Masalah Kulit Ini Ternyata Disebabkan oleh Handphone
31 Juli 2018
5 Manfaat Daun Binahong
31 Desember 2019
Khasiat Teh Hijau
31 Desember 2019
Tips Memilih Makanan Sehat yang Baik untuk Tubuh
02 Januari 2020

Komentar