Logo Eventkampus

CINTA TANAH AIR

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
CINTA TANAH AIR

       Negara kesatuan Republik Indonesia dilahirkan oleh generasi yang mempunyai idealisme cinta tanah air dan bangsa. Kalau tidak, mungkin saat ini kita bangsa indonesia masih dijajah oleh Belanda yang luas negaranya lebih kecil dari Pukau Bali. Kita harus sangat berterimakasih kepada tokoh yang mencetuskan pembentukan organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, para pencetus Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, dan para tokoh yang memungkinkan terjadinya Proklamasi 17 Agustus 1945. Mereka adalah contoh paling pas untuk dijadikan tokoh-tokoh nasionalis tulen yang cinta pada tanah air dan bangsa melebihi cintanya pada diri sendiri. Mereka layak kita hormati sepanjang masa. Bagaimana dengan sat ini, masih adakah diantara kita yang mencintai tanah air dan bangsa melebihi cintanya pada dirinya ? Apakah masih ada perlunya mencintai tanah air dan bangsa ? Apakah masih relevan kita mencintai tanah air dan bangsa pada zaman globalisasi ini ? Pertanyaan itu muncul karna kita melihat contoh banyak pejabat negara “yang terhormat” malah berlomba korupsi makan uang rakyat.

       Dalam kasus lain kita juga banyak menyaksikan tauran antarwarga yang notabenenya adalah “saudara” sebangsa tanah air. Kasus terbaru yang sedang tren adalah banyak “tokoh” yang dengan bangga meninggalkan Indonesia untuk berlindung dari kejaran hukum negara kita yang akan menjeratnya karna kasus korupsi dan pencucian uang. Belum lagi masalah Penegakan Hukum Indonesia yang Runcing keatas dan tumpul kebawah. Sungguh keadaan yang sangat memilukan bahkan memalukan.

       Pada hakikatnya cinta tanah air dan bangsa adalah kebanggaan menjadi salah satu bagian dari tanah air dan bangsanya yang berujung ingin berbuat sesuatu yang mengharumkan nama tanah air dan bangsa. Pada keadaan yang amburadul saat ini apa yang bisa dibanggakan dari negara dan bangsa Indonesia ?

       Generasi “ founding fathers” pada masa penjajahan berhasil membangkitkan rasa cinta tanah air dan bangsa, yang pada akhirnya berhasil memerdekakan Bangsa Indonesia. Kalau saja rasa cinta tanah air dan bangsa sekali lagi bisa menjadi faktor yang memotivasi bangsa Indonesia, ada kemungkinan Bangsa Indonesia akan bisa bangkit kembali dengan masyarakatnya bisa menghasilkan karya-karya yang membanggakan kita sebagai bangsa.

Semoga saja.

Penulis

foto M. Qobullah Siregar
M. Qobullah Siregar
Universitas Al Washliyah Labuhanbatu
Lihat Kebawah Agar Menjadi Orang Yang Bersyukur, Dan Lihat Keatas Agar Tidak Menjadi Orang Yang Sombong.

Artikel Terkait

TIPS & TRIK MENANG LOMBA ARTIKEL
14 Juni 2017
"Launching Single Terbaru Souljah"
21 November 2017
Single BEBAS BEBAS AJA sangat unik karena pada lagu tersebut SOULJAH berkolaborasi dengan...
08 Desember 2017
GAYA HIDUP MAHASISWA INDEKOST
26 Februari 2018
CARA MENGHILANGKAN STRESS
03 Juli 2018
INTERNATIONAL MICROECONOMICS COMPETITION
16 Agustus 2018

Komentar