Logo Eventkampus

Cara mudah menjaga kesehatan saat bekerja

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
 Cara mudah menjaga kesehatan saat bekerja

Anda hanya butuh waktu untuk menghabiskan lima atau sepuluh menit untuk menjaga kesehatan Anda di tempat kerja. Terdapat beberapa latihan yang efektif dan mudah untuk dipraktikkan di kantor. Mau tahu caranya? Berikut adalah 5 cara mudah menjaga kesehatan saat bekerja.

Langkah 1

Kekakuan otot menjadi penyebab paling umum untuk nyeri tubuh, terutama nyeri punggung. Anda butuh olahraga untuk menghindari ketegangan otot. Anda bahkan dapat melakukannya sambil duduk di kursi. Tetapi, itu akan lebih efektif jika Anda melakukannya sambil berdiri.

Langkah 2

Ini adalah salah satu latihan mudah yang bisa Anda coba di tempat kerja. Berdiri di belakang kursi Anda dan kemudian tekuk lutut sehingga bisa sejajar dengan lantai. Angkat tangan Anda ke atas dan tetap dalam posisi ini selama sepuluh detik. Ulangi latihan ini selama 5 menit.

Langkah 3

Melihat layar komputer untuk waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri di bagian leher. Juga, posisi yang salah saat bekerja di depan komputer, bisa memicu nyeri leher. Tekuk kepala ke satu sisi, sehingga menyentuh bahu dan ulangi latihan ini di sisi lain. Lakukan perlahan selama 5 menit.

Langkah 4

Penggunaan keyboard komputer dalam waktu yang lama akan menyebabkan kompresi saraf median. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan gangguan seperti carpal tunnel syndrome. Anda bisa meregangkan tangan dengan posisi telapak menghadap ke atas. Tarik jari-jari ke sisi kanan dan kemudian kiri. Ulangi selama 5-10 menit.

Langkah 5

Duduk selama berjam-jam menatap layar komputer akan membuat mata lelah dan menyebabkan masalah penglihatan. Cobalah untuk melakukan beberapa latihan mata dalam selang waktu satu jam. Cobalah untuk melirik ke kanan dan kemudian ke kiri. Kemudian ke atas dan bawah. 

Inilah beberapa latihan ringan yang bisa membuat Anda tetap bugar di tempat kerja. Selamat mencoba!

 

Penulis

foto Harmini
Harmini

Artikel Terkait

Manfaat Berjemur Dipagi Hari
12 Juli 2017
Manfaat ubi jalar bagi kesehatan
21 Juli 2017
Segudang Manfaat Madu Murni
06 Juli 2018
Manfaat makanan pahit yang baik untuk kesehatan
13 Juli 2018
10 Buah-buahan terbaik untuk bakar lemak perut yang menumpuk
13 Juli 2018
Bermain ponsel terlalu lama bisa menyebabkan cepat tua
17 Juli 2018

Komentar