Logo Eventkampus

UNS Gelar Sosialisasi Sertifikasi Halal UMKM Pangan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
UNS Gelar Sosialisasi Sertifikasi Halal UMKM Pangan

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebagai institusi pendidikan yang mendorong penuh sertifikasi halal terhadap produk makanan, minuman, dan herbal menggelar Sosialisasi Sertifikasi Halal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pangan.

Sosialisasi yang digelar oleh Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Laboratorium Terpadu UNS tersebut berhasil menyedot perhatian pelaku usaha UMKM di area Solo Raya hingga Yogyakarta, Kamis (17/10/2019). Tercatat 60 pelaku UMKM yang bergerak di bidang minuman, makanan, dan herbal mengikuti jalannya sosialisasi.

Kegiatan tersebut digelar sebagai  respon cepat UPT Laboratorium Terpadu UNS atas diberlakukannya Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 mengenai Jaminan Produk Halal (JPH). Dalam penerapannya, pemberlakuan JPH untuk sementara waktu hanya menargetkan produk makanan dan minuman dengan masa transisi hingga 2024. Sementara itu, untuk produk obat-obatan baru akan diberlakukan pada 2021. Hal tersebut baru diberlakukan sebab pemberlakuan JPH pada produk obat-obatan memerlukan proses yang lebih rumit.

Acara dibuka langsung oleh Kepala UPT Laboratorium Terpadu UNS, Dr. Sayekti Wahyuningsih, S. Si., M. Si dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Divisi halal UNS Dr. agr. Muhammad Cahyadi, S. Pt., M. Biotech. Dalam sambutannya, Dr. agr. Muhammad Cahyadi berharap agar dalam sosialisasi yang digelar oleh UPT Laboratorium Terpadu UNS ini, pelaku UMKM dapat memahami mekanisme pelaksanaan sertifikasi produk halal.

“Kemudian, sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai regulasi, prosedur, dan mekanisme pelaksanaan sertifikasi halal oleh M. Zukhrufuz Zaman, S.P., M.P., Ph.D,” terang Muhammad Cahyadi di sela-sela acara.

Acara ditutup dengan tanya jawab dengan panelis narasumber dari anggota Divisi Halal UNS Dr. Artini Pangastuti, S.Si.,M.Si, Dr. Ari Diana Susanti, S.T., M.T., dan Elisa Herawati, S.Si., M.Eng., Ph.D. Selain mengajukan pertanyaan mengenai kehalalan produk dan kejelasan langkah-langkah sertifikasi, beberapa peserta juga menanyakan mengenai analisis, standar, dan sertifikasi produk makanan, minuman dan kosmetika. Humas UNS



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-update/uns-gelar-sosialisasi-sertifikasi-halal-umkm-pangan.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Gubernur Jateng Apresiasi Puluhan Pelajar Kreatif di SFCC XIII UNS
12 Oktober 2019
Sulap Limbah Styrofoam jadi Barang Berharga, Mahasiswa UNS Raih Juara 1
14 Oktober 2019
Mahasiswa UNS Sulap Limbah Aren jadi Bahan Bakar Alternatif 
14 Oktober 2019
Mantap, Mahasiswa UNS Boyong Medali Silver dari Taiwan
15 Oktober 2019
Robot Terbang Bengawan UV UNS Raih Prestasi Inovasi Terbaik
15 Oktober 2019
Mewisuda 1.803 Mahasiswa, Rektor UNS Ajak Wisudawan Bergerak Cepat
20 Oktober 2019

Komentar