Logo Eventkampus

Mahasiswa UGM Kembangkan Teknologi Pemantauan Ketinggian Air Real Time

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa UGM Kembangkan Teknologi Pemantauan Ketinggian Air Real Time

Tim Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada, mengembangkan sebuah sistem untuk memonitor tinggi muka air yang terintegrasi cloud sebagai upaya mendukung modernisasi irigasi nasional.

Sistem tersebut dikembangkan oleh Dwi Wiyantanu dan Muamar Arif Khuluqi di bawah bimbingan Dr. Andri Prima Nugroho. 

Dwi menjelaskan sistem yang mereka buat terdiri dari modul sensor ultrasonik, unit mikrokontroler yang dilengkapi dengan mini data logger. Disamping itu, dilengkapi pula dengan mini solar panel sebagai sumber energi untuk mengisi daya baterai.

"Sensor akan mengestimasi ketinggian muka air melalui pengukuran jarak. Selanjutnya, data akan dikirim ke cloud dengan menggunakan koneksi internet via jaringan GSM,"paparnya, Senin (11/11).

Dia menyebutkan sistem yang dinamai SMART AWLR (Automatic Water Level Recorder) akan mengukur ketinggina muka air dan mengirim data ke cloud secara real time.

Sistem yang dikembangkan keduanya berhasil meraih juara 2 di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional TEAR 2.0 yang diadakan Telkom University, Bandung pada 31 Oktober-3 November 2019.

Sistem ini memiliki sejumlah keunggulan antara lain bentuk yang ringkas. Selain itu, dilengkapi dengan fitur swa-energi sehingga memungkinkan untuk dipasang dilokasi yang jauh dari sumber listrik. 

Tidak hanya itu, peralatan ini juga memiliki fitur online-offline mode yang menunjang pengamatan kontinu meskipun pada kondisi sinyal internet tidak stabil. Apabila koneksi internet terputus maka data akan secara otomatis disimpan di data logger. Lalu, saat koneksi internet tersambung data yg tersimpan data akan dikirim ke cloud sehingga kemungkinan data hilang dapat diminimalkan.

Lebih lanjut, kata dia, data ketinggian muka air akan diproses untuk kepentingan selanjutnya, misalkan untuk estimasi debit saluran sesuai dengan lokasi dan karakteristik bangunan ukur. Selain itu, penggunaan yang lebih praktis adalah untuk peringatan dini terjadinya banjir.

"Kedepannya kita akan melakukan penyempurnaan dan pengujian kinerja serta kehandalan dalam penerapan di lapangan,"terangnya. (Humas UGM/Ika).



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/18702-mahasiswa-ugm-kembangkan-teknologi-pemantauan-ketinggian-air-real-time

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Tim Peneliti UGM Tingkatkan Produksi Pengrajin Minyak Nilam Kulonprogo
28 Oktober 2019
UGM Dorong Kebijakan Pengelolaan Generasi Sehat
12 November 2019
Dosen UGM Kembangkan Pengemasan Makanan untuk Daerah Terdampak Bencana
11 Desember 2019
Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Pengungkapan Sukarela Modal intelektual
17 Desember 2019
Menristek Apresiasi Inovasi UGM STP
23 Desember 2019
Mahasiswa UGM Temukan Potensi Antimalaria Pada Mikroalga
20 Januari 2020

Komentar