Logo Eventkampus

Efek Samping Daun Sirsak untuk kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Efek Samping Daun Sirsak untuk kesehatan

Daun sirsak merupakan salah satu tanaman yang punya nama latin Annona muricata L. Di tempat lain, daun sirsak ini juga dikenal dengan nama graviola. Saat ini, banyak orang yang telah memanfaatkan daun sirsak sebagai bahan alami untuk obat.

Bahkan, daun sirsak banyak diburu orang karena bisa mengobati penyakit kanker. Biasanya, pengolahan daun sirsak yang dimanfaatkan sebagai obat diolah dalam bentuk “teh”. Ada juga daun sirsak yang diolah menjadi ekstrak di dalam kapsul. Obat daun sirsak yang dalam bentuk kapsul biasanya bisa didapat dengan cara membeli di toko.

Untuk pembuatan “teh” daun sirsak, merupakan cara mengonsumsi obat daun sirsak yang lebih tradisional. Anda mungkin mengira teh daun sirsak sama dengan air teh pada umumnya. Namun, teh daun sirsak di sini tidak menggunakan teh sama sekali. Penggunaan kata “teh” lebih mengarah pada cara pembuatan yang mirip teh.

Cara membuat teh daun sirsak adalah dengan merebus tujuh lembar daun sirsak dengan tiga gelas air bersih selama tiga puluh menit. Setelah itu, saringlah air rebusan daun sirsak. Anda bisa menambahkan madu agar rasa teh daun sirsak lebih enak. Sebaiknya, Anda juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum teh daun sirsak.

Di samping manfaatnya, perlu juga diketahui tentang beberapa efek samping daun sirsak bagi tubuh apabila digunakan secara berlebihan. Apa saja?.

Berikut ini sebelas efek samping daun sirsak bagi tubuh:

1. Mual dan Muntah

Apabila Anda mengonsumsi daun sirsak khususnya dalam bentuk air rebusan dalam jumlah yang sangat banyak, maka ramuan ini bisa menyebabkan Anda langsung merasa mual. Rasa mual yang dialami ini pun seringkali memicu Anda untuk memuntahkan isi perut Anda. Hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada saluran cerna Anda.

2. Bisa Membentuk Kristal di Ginjal

Efek samping daun sirsak bisa menyebabkan air seni menjadi jenuh. Air seni yang jenuh lambat laun akan membentuk kristal di ginjal. Hal ini pun akan memicu terjadinya kondisi batu ginjal yang seringkali mengakibatkan disuria atau sulit buang air kecil.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi teh daun sirsak yang dipadukan dengan tanaman herbal lainnya yang bersifat diuretik. Tanaman herbal yang bersifat diuretik mampu meluruhkan air seni sehingga tidak jenuh. Beberapa tanaman herbal tersebut seperti jinten, adas, dan daun sembung.

3. Bisa Menyebabkan Diare

Daun sirsak baik yang diminum dalam bentuk air rebusan bisa menyebabkan diare jika dikonsumsi secara berlebihan. Air rebusan daun sirsak tersebut bisa membuat tinja Anda menjadi cair. Efek samping daun sirsak yang satu ini tidak boleh diremehkan.

Pasalnya, tubuh Anda bisa menjadi lemah karena akan kekurangan cairan. Apabila Anda mengalami efek ini, maka minumlah air putih lebih banyak. Atau Anda masih merasa lemas, maka segeralah pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat agar dehidrasi bisa cepat diatasi.

4. Mengalami Masalah pada Rahim

Pengonsumsian daun sirsak yang berlebihan bisa menimbulkan masalah pada rahim. Daun sirsak dalam jumlah berlebih akan membuat dinding rahim berkontraksi. Hal ini bisa berakibat fatal pada wanita yang sedang hamil dan merencanakan kehamilan karena meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur.

5. Meningkatkan Jumlah Keringat

Efek samping daun sirsak bisa meningkatkan produksi keringat. Jumlah keringat akan menjadi berlebih apabila Anda mengonsumsi daun sirsak secara berlebih. Daun sirsak akan meningkatkan suhu tubuh karena merangsang pembakaran di dalam tubuh.

Suhu tubuh yang meningkat akan membuat tubuh Anda merasa panas dan akhirnya banyak mengeluarkan keringat tanpa Anda sadari. Sebaiknya, Anda menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal agar tidak semakin menambah jumlah keringat.

Selain itu, gunakanlah kipas angin atau pendingin ruangan (AC) agar keringat bisa cepat mengering. Jika keringat masih saja deras selama beberapa hari, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

6. Menimbulkan Masalah Jantung

Daun sirsak bisa memiliki efek samping yang serius, yaitu bisa menimbulkan masalah pada jantung. Pengonsumsian daun sirsak yang berlebih bisa memengaruhi sistem kardiovaskular Anda sehingga bisa mengakibatkan masalah atau gangguan jantung. Oleh karena itu, penderita jantung sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

7. Menyebabkan Masalah Neurologis dan Gerakan

Efek samping daun sirsak bisa menyebabkan gangguan neurologis. Gangguan neurologis ini juga bisa berkembang pada gangguan gerakan. Selain neurologis, daun sirsak yang sering disajikan dalam bentuk teh bisa menimbulkan gangguan neurotoksisitas. Hal ini termasuk efek samping daun sirsak yang cukup serius.

8. Menyebabkan Infeksi di dalam Tubuh

Pengonsumsian daun sirsak dalam jangka panjang baik dalam bentuk teh maupun kapsul bisa menyebabkan terjadinya infeksi di dalam tubuh. Infeksi yang ditimbulkan ini bisa terjadi cukup cepat. Maka dari itu, janganlah mengonsumsi daun sirsak dalam jangka panjang.

9. Menghilangkan Efek Antidepresan

Bagi Anda yang sedang terapi obat-obatan antidepresan karena sedang mengalami depresi sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi daun sirsak. Hal ini dikarenakan efek samping daun sirsak bisa menghilangkan efek obat antidepresan yang Anda konsumsi.

Pengobatan masalah depresi yang sedang menjadi masalah Anda menjadi terhambat bahkan gagal akibat pengonsumsian daun sirsak. Jadi, apabila Anda sedang minum obat-obatan antidepresan sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Daun sirsak sangat tidak cocok atau memiliki kontraindikasi bagi Anda yang menderita hipotensi. Hal ini disebabkan efek daun sirsak bisa melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi berkurang.

Apabila Anda yang sedang memiliki tekanan darah rendah mengonsumsi daun sirsak maka bisa membuat kondisi hipotensi Anda menjadi semakin parah. Anda bisa menjadi semakin lemas dan lesu bahkan pingsan. Untuk itu, pastikanlah tekanan darah Anda berada dalam kisaran normal sebelum mengonsumsi daun sirsak.

11. Meningkatkan Risiko Penyakit Parkinson

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bahan kimia yang ada pada penderita penyakit Parkinson ternyata juga ditemukan di dalam daun sirsak. Hal ini pun bisa meningkatkan risiko penyakit Parkinson bagi Anda yang mengonsumsi daun sirsak secara berlebih dan dalam jangka panjang.

Penderita penyakit Parkinson pun juga tidak boleh satu kalipun mengonsumsi daun sirsak. Hal ini bisa membuat kondisi penderita penyakit Parkinson menjadi semakin memburuk. Karena itu, berkonsultasilah lebih dulu dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi daun sirsak untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

Pentingnya Kesehatan Bagi Tubuh
04 Juli 2018
Khasiat teh mawar untuk kesehatan
25 Juli 2018
7 Manfaat Rambut Jagung yang Jarang Diketahui
16 Januari 2020
Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan
24 Januari 2020
Manfaat Toge untuk Kesehatan
31 Januari 2020
Manfaat biji mahoni
27 Februari 2020

Komentar