Logo Eventkampus

Khasiat buah kedondong

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Khasiat buah kedondong

Siapa nih yang suka kedondong? Iya keondong, buah satu ini memiliki rasa asam dan manis. Yang umumnya sebagai campuran rujak.  Kedondong juga memiliki banyak nutrisi nih. Selengkapnya, mari kita cari tau berbagai manfaat buah kedondong bagi kesehatan. Dan manfaat nya sebagai berikut:

1.       Dapat menjaga kesehatan kulit

Kedondong dapat membantu memperbaiki jaringan kulit dan memelihara kulit secara keseluruhan lho. Buah ini dianggap bisa meningkatkan kecantikan kulit.

2.       Dapat membantu mengobati batuk

Buah kedondong juga bisa mengobati batuk karena sifat antimikroba yang dimilikinya. Dengan cara menyiapkan dua atau tiga potong buah kedondong, kemudian parut dan peras airnya. Tambahkan sedikit garam sebelum dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari untuk membantu meredakan batuk.

3.       Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kedondong dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang terkandung pada kedondong membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas yang berbahaya.

4.       Membantu mengatasi masalah pencernaan

Serat dalam kedondong memiliki khasiat melancarkan pencernaan, dan membersihkan usus. Kandungan air yang tinggi dalam buah kedondong juga dapat mencegah dehidrasi yang memperburuk masalah pencernaan.

5.       Meningkatkan kemampuan penglihatan

Buah kedondong memiliki sumber vitamin A yang peran penting untuk penglihatan. Vitamin A dapat membantu menyampaikan obyek yang diterima oleh retina mata.

6.       Membantu menurunkan berat badan

Buah kedondong mengandung rendah lemak dan kalori, cocok untuk menurunkan berat badan karena tingginya kandungan serat dan air yang bisa memberikan rasa kenyang, serta mencegah makan berlebihan.

7.       Menjadi sumber Energi

Rasanya yang asam ternyata kedondong mengandung gula yang tinggi dalam bentuk sukrosa. Kedondong menyediakan energi instan bagi yang mengonsumsinya.

8.       Mencegah Dehidrasi

Buah kedondong kaya dengan kandungan seratnya dan airnya. Ini sangat berguna untuk melancarkan sekaligus mengatasi gangguan pencernaan. Makan buah ini juga baik untuk mencegah dehidrasi.

9.       Menyehatkan Jantung

Manfaat buah kedondong juga diketahui dari kandungan gizinya yang lengkap dan berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Makan buah ini secara berkala sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

10.   Mengatasi Anemia

Buah kedondong banyak mengandung zat besi yang baik dalam meningkatkan jumlah sel darah merah dan mengatasi anemia. Karena itulah buah ini sangat baik dikonsumsi ibu hamil dan penderita anemia.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah kedondong nih! Kalian bisa mencoba manfat dari buah satu ini.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

5 Tip Menjaga Kesehatan saat Traveling, Selalu Ingat Sarapan!
10 Februari 2020
Bahaya Duduk Terlalu Lama untuk Kesehatan
20 Februari 2020
MANFAAT DAUN MINT
21 Februari 2020
Wajib Tahu Stop Konsumsi 7 Makanan Ini Saat Menginjak Usia 40 Tahun
26 Februari 2020
Inilah Makanan dan Minuman Yang Harus Dijauhi Ketika Mengidap Maag
27 Februari 2020
Inilah Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru
28 Februari 2020

Komentar