Logo Eventkampus

Manfaat Kersen atau Talok

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Kersen atau Talok

   Kersen adalah pohon yang tidak asing lagi di Indonesia. Tanaman ini mudah tumbuh di mana saja mulai dari di pekarangan, lahan liar, hingga di pinggir jalan. Buah kersen yang tumbuhnya tidak mengenal musim memiliki rasa khas yang manis. Selain daun kersen yang dipercaya untuk berbagai pengobatan, ternyata terdapat juga manfaat buah kersen untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat buah kersen yang wajib diketahui:


1. Mengatasi pilek dan flu

Manfaat buah kersen yang pertama adalah dapat membantu mengatasi pilek dan flu. Kondisi ini umumnya memang terjadi akibat dari sistem imun tubuh yang menurun. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin C dapat membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh.


2. Mengontrol gula darah

Rasanya memang manis, tapi buah kersen aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. 

Hal ini membuktikan bahwa buah kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.


3. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat buah kersen selanjutnya adalah untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Obat ini sering digunakan untuk mengatasi sakit perut, maag, hingga GERD.


4. Asam urat

Penyakit asam urat adalah konsidi peradangan yang diakibatkan terlalu banyaknya asam urat yang menumpuk dan mengkristal pada sendi. Kondisi inibisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan pembengkakan. Manfaat buah kersen adalah untuk mengatasi gejala tersebut.

Asam urat dapat kambuh akibat konsumsi makanan tertentu dan akibat kekurangan air. Sifat antiinflamasi dari kersen dipercaya dapat mengurangi endapat asam urat yang ada pada persendian.


5. Mengatasi infeksi bakteri

Infeksi bakteri dapat diatasi dengan penggunaan antibiotik. 

Penggunaan antibiotik secara berlebihan juga dapat memicu mutasi bakteri sehingga yang membuat bekteri semakin kuat dan resisten. Buah kersen memiliki aktivitas antibakteris seingga dapat menjadi antibiotik alami yang dapat mengatasi bakteri susu, difteri, sepsis, dan infeksi staph.

Itu dia berbagai manfaat buah kersen yang sangat luar biasa. Keberadaan buah kersen yang sangat banyak di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Konsumsilah buah kersen secara rutin, namun tidak berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya. 

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

OBAT HERBAL TIPES
29 Maret 2018
Manfaat mengejutkan dari makan pisang mentah
17 Juli 2018
Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan
09 Januari 2020
Manfaat Daun Mint
23 Januari 2020
7 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
30 Januari 2020
manfaat daun Bidara
26 Februari 2020

Komentar