Logo Eventkampus

Ini Tandanya Bila Tubuh Kekurangan Asupan Sayuran

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Ini Tandanya Bila Tubuh Kekurangan Asupan Sayuran

Sayuran dikenal sebagai makanan yang sangat baik bagi kesehatan.Tak hanya tinggi kandungan serat, dalam realitanya sayuran juga memiliki kandungan sehat lain seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Masalahnya adalah rasa sayuran tak seenak makanan-makanan lainnya seperti daging sehingga kurang digemari. Padahal, kekurangan asupan sayuran bisa memberikan efek kurang baik bagi kesehatan.

- Asupan Sayur Ideal Harian

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi setidaknya 250 gram sayur setiap hari. Jumlah ini setara dengan dua setengah porsi dengan perhitungan satu porsi berukuran satu gelas belimbing. Jumlah ini sebenarnya tidak begitu banyak, namun karena rasa sayuran biasanya kurang lezat, kita cenderung sulit untuk memenuhinya.

Melihat fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membagi asupan sayuran di tiga kali makan. Di pagi hari, kita bisa mengonsumsi setengah porsi sayuran. Sementara itu di dua waktu makan lainnya, kita bisa mengonsumsi masing-masing satu porsi sayuran.

- Tanda Kekurangan Asupan Sayuran

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa tanda dari kekurangan asupan sayuran yang sebaiknya kita waspadai.

Berikut adalah tanda-tanda tersebut.

1. Mudah Mengalami Lebam-Lebam

Pakar kesehatan Abby Sauer dari Abbot menyebut kekurangan asupan vitamin C yang ada di dalam sayuran akan membuat kita rentan mengalami lebam-lebam. Bahkan, meskipun kita tidak mengalami benturan atau kelelahan, lebam-lebam ini bisa saja datang dengan mudah.

Demi mencegah hal ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan sayuran tinggi vitamin C seperti cabai merah, kale, sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, dan tomat.

2. Mudah Lelah

Kurang sayur akan membuat tubuh kekurangan asupan asam folat yang bisa berimbas pada tubuh yang mudah lelah dan mengalami anemia. Selain itu, kita juga akan kekurangan asupan vitamin B yang bisa memberikan manfaat yang sama. Demi mengatasinya, kita bisa mengonsumsi sayuran hijau, kacang merah, dan berbagai macam biji-bijian.

3. Mudah Terkena Flu

Jika kita mudah terkena flu, bisa jadi hal ini disebabkan oleh pola makan yang buruk, khususnya dalam hal kurang mengonsumsi sayuran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin yang bisa kita dapatkan dari sayuran. Padahal, vitamin-vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah datangnya virus atau kuman penyebab penyakit.

Perbanyaklah asupan sayuran hijau demi menambah asupan vitamin C dan memperkuat sistem imun tubuh.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

Bayam Merah, Sayuran Langka yang Kaya Manfaat
15 Januari 2020
5 Manfaat Beras Ketan Hitam untuk Kesehatan, Doyan Gak?
17 Januari 2020
Bahaya Makan atau Mengunyah Es Batu
20 Januari 2020
Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Salah Satunya Tingkatkan Stamina Pria
23 Januari 2020
10 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan
04 Februari 2020

Komentar