Logo Eventkampus

5 Prospek antimainstream kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Prospek antimainstream kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia memang bertujuan untuk melahirkan dan mencetak mahasiswanya sebagai Pendidik dan pengajar (Guru) kelak setelah lulus. karena memang basic dari fakultas dan hampir separuh pengajarannya juga berupa teori-teori pendidikan. Tapi, selain keahlian pedagogik tersebut kuliah dijurusan bahasa dan sastra indonesia ternyata punya prospek yang antimainstream dan keren banget kalau kita bisa menjadi salah satu dari profesi itu. Apa aja sih prospeknya? Check this out.

1. Pengajar Bahasa indonesia bagi penutur asing (BIPA)

Kini pengajaran bahasa indonesia tidak melulu diajarkan kepada warga pribumi, pengembangan bahasa indonesia udah ke ranah internasional, kemendigbud sendiri mencatat bahwa bahasa indonesia telah diajarkan di 45 negara di dunia. wow keren yah!. peluang banget nih bagi kamu yang saat ini kebetulan kuliah di jurusan pendidikan bahasa indonesia. Nah kalo kamu tertarik mulai deh dari sekarang ditingkatkan penguasaan bahasa asingnya yah terutama bahasa inggris. Karena sebagai pengajar BIPA ini gak mudah dan sembarangan ada kriteria tertentunya termasuk skill bahasa asing ini guys.

2. Pemain/Sutradara Teater

Selain keterampilan menulis, membaca, menyimak, dan berbicara. Kuliah dijurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia juga belajar acting dan bermain peran. Nah loh kok bisa ya? iyalah secara di jurusan ini ada mata kuliah Drama. Selain pengetahuan teori dasar-dasar drama hampir separuh mata kuliah ini juga praktikum Drama yang menuntut semua mahasiswanya harus berperan walaupun gak punya bakat sama sekali! bahkan sutradaranya dari mahasiswa sendiri. Nah dengan bekal ini kamu bisa melanjutkan mengasah bakatmu untuk beracting menjadi pemain teater di luar kampus.

3. Sastrawan

Sastrawan itu yang banyak bikin karya tulis ya? Yang bukunya banyak diterbitin? Yang sering bikin puisi? Nonono kalian salah besar berasumsi seperti itu. Gak semua orang bisa dinobatkan sebagai seorang sastrawan loh guys. Walaupun banyak melahirkan karya tulis. Karena karya sastra bukanlah karya yang sembarangan. tak terkecuali juga bagi mereka yang kuliah dijurusan sastra. Akan tetapi setidaknya bagi kamu yang kini kuliah di jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan punya bakat keterampilan berbahasa bisa kamu asah. mulailah mengcover ide dan karya-karyamu dengan ilmu-ilmu kesusastraan yang telah kamu pelajari. jangan ragu untuk menerbitkan dan mengkompetisikannya ya. Gimana? Siap nih namamu disandingkan sekelas sapardi?

4. Budayawan

Bahasa tidak lepas dari budaya keduanya memang saling berkaitan,hal tersebut karena karya sastra lahir dari budaya-budaya nusantara, tak heran bagi mahasiswa jurusan sastra indonesia acapkali rela berkelana mengitari indonesia raya cuma buat nyari mitos aja guys!, demi tugas yang ngga mainsteam itu terkadang bikin wawasan akan budaya dan asal-usul nusantara semakin bertambah. Hal ini tak heran kalau pengetahuan akan budaya mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia ngena banget dong!.

5. Jurnalis

Jika masa SMP dan SMA dulu kita mengenal bahasa indonesia selalu identik dengan menganalisis berita di televisi maupun media cetak, sering banget kan Guru bahasa indonesia kita dulu nyuruh nonton berita atau bawa koran kesekolah? Kuliah dijurusan pendidikan bahasa indonesiapun tak lepas dari hal itu, karena itu memanglah bagian dari ranah kebahasaan, dunia jurnalistik berpangkal dari keterampilan bahasa dalam prosesnya, bahasa indonesia merupakan pelajaran dengan empat aspek keterampilan tersebut. Nah bagi kamu kamu yang passion banget dunia jurnalistik tapi kuliah di jurusan pendidikan bahasa indonesia bisa banget dong. Dengan ilmu dan keahlian tersebut Udah kebayang bisa berkecimpung di dunia jurnalistik?

     Itulah beberapa prospek yang mungkin bisa jadi referensi buat mengembangkan bakat kalian. Sebenernya masih banyak prospek lainnya selain yang udah disebutin tadi. Gimana? Udah tau gitu  kamu-kamu yang dulunya nganggep kalo kuliah dijurusan bahasa dan sastra indonesia itu pasti ujung-ujungnya jadi Guru aja ternyata punya sisi prospek lain yang ngga kalah dari jurusan-jurusan prestisius lainnya kan?

     Nah bagi kalian yang sekarang lagi kuliah dijurusan bahasa dan sastra indonesia mulai nyoba asah dan gali passion kalian yah. Tentunya harus dengan ketekunan dan rajin belajar juga yah. Barangkali salah satunya bakal jadi profesi kalian kelak. So, Keep is being spirited guys!

 

 

 

 

Penulis

foto Mia rahma qonita
Mia rahma qonita
universitas singaperbangsa karawang
UNSIKA KARAWANG

Artikel Terkait

Mahasiswa Fasilkom UI Ciptakan Aplikasi Game Quran
07 Juni 2017
5 Cara memilih Perguruan Tinggi agar sukses kuliah
20 Juni 2017
Merasa belum pas dengan pilihan prodi dan perguruan tinggi yang sudah dipilih? Bersyukurlah.
04 Juli 2017
Jatuh itu biasa, tapi Bangkit itu LUAR BIASA
28 Agustus 2017
17 Perguruan Tinggi Indonesia yang Masuk Peringkat Terbaik Asia
20 Oktober 2017
SEMINAR PROPERTI SYARIAH : Menjadi Entrepreneur Melalui Investasi dalam Properti Syariah
15 Mei 2018

Komentar