Logo Eventkampus

Manfaat Daun Afrika, Ampuh untuk Vitalitas dan Atasi Jerawat

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Afrika, Ampuh untuk Vitalitas dan Atasi Jerawat

Daun Afrika (Vernonia amygdalina) merupakan tanaman yang memang banyak terdapat di Benua Afrika, khususnya di Nigeria dan sekitar Afrika Barat. Herbal ini lama digunakan sebagai obat tradisional di Afrika.

Manfaat daun Afrika terutama dari kandungannya yang memiliki protein, lemak tak jenuh, serat, vitamin A, B1,B2, C, E, natrium, kalsium, kalium, magnesium, zinc, dan zat besi.

10  Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Tubuh

Daun ini juga diklaim berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut ini berbagai manfaat daun Afrika untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun Afrika yang kaya mineral ternyata baik dkonsumsi untuk pendeita diabetes. Selain mampu menurunkan kadar gula darah, herbal ini juga bisa untuk mengendalikan gula darah agar tidak naik.

2. Mencegah Risiko Gangguan Jantung

Daun Afrika diketahui mengandung omega 3 dan omega 6 yang bersifat antioksidan dan antiseptik yang berkhasiat melindungi pembuluh darah arteri dan mencegah gangguan jantung.

3. Mengatasi Penyakit Ginjal

Manfaat daun Afrika juga efektif mengatasi ganguan ginjal. Hal ini karena kandungan herbal ini yang kaya asam fenolat, asam lemak, dan vitamin yang bersifat antioksidan.

4. Mengobati Malaria

Masyarakat di Afrika juga telah lama menggunakan daun Afrika untuk mengobati malaria. Kandungan senyawa plasmodik dalm herbal ini diketahui ampuh menangkal infeksi virus.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam daun Afrika efektif menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik. Konsumsi herbal ini secara rutin bisa mengatasi dan hipertensi maupun darah rendah.

6. Mengatasi Penyakit Tifus

Manfaat daun Afrika juga ampuh menyembuhkan penyakit tifus. Zat antibakteri dan antibiotik dalam herbal ini ampuh mengusir bakteri pathogen, termasuk penyebab tifus.

7. Untuk Obat Luka

Banyaknya kandungan senyawa aktif dalam hebal ini telah sering dipraktekkan untuk menyembuhkan luka. Dengan menempelkan tumbukan daun ini pada luka membuatnya cepat kering.

8. Mengatasi Asam Urat

Buat Anda yang mengidap gangguan asam urat sangat disarankan untuk mengonsumsi rebusan daun Afrika. Herbal ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati asam urat.

9. Membuat Rileks dan Menenangkan

Mengonsumsi rebusan daun Afrika juga memberikan efek rileks dan menenangkan. Manfaat daun Afrika ini baik untuk mengatasi stres atau depresi dan membuat tubuh lebih nyaman.

10. Menyembuhkan Flu dan Peradangan

Senyawa flavonoid dalam daun Afrika diketahui efektif untuk mengobati penyakit flu. Sifat anti inflamasi herbal ini juga berkhasiat dalam mengatasi radang sendi atau sakit karena peradangan lainnya.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

5 Manfaat Air Lemon Hangat jika Diminum Setiap Hari
13 Januari 2020
Manfaat Buah Duwet atau Jamblang yang Ampuh Atasi Maag, Jantung Hingga Batuk
17 Januari 2020
7 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan
24 Februari 2020
Manfaat bengkuang
27 Februari 2020
Manfaat Minyak Kemiri
12 Maret 2020
Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
13 Maret 2020

Komentar