Logo Eventkampus

Manfaat Daun Bit Untuk Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Bit Untuk Kesehatan

Bit lebih umum dikonsumsi bagian akarnya, padahal bagian tanaman bit lainnya seperti daun juga tidak kalah baik untuk kesehatan. Seperti sayuran hijau lainnya, daun bit memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan gizi daun bit yang sangat banyak ini menjadikan daun bit sebagai makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini berbagai khasiat daun bit bila dilihat dari kandungan nutrisinya.

1.     Mampu Membantu Proses Pembekuan Darah

Daun bit juga kaya akan vitamin K. Vitamin ini diperlukan tubuh untuk proses pembekuan darah. Proses alami pada tubuh ini berguna untuk menghentikan pendarahan ketika adanya luka atau sobekan di kulit. Kemampuan tubuh untuk membekukan darah juga dapat menurunkan risiko kematian akibat perdarahan yang parah.

2.     Mampu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun bit selanjutnya adalah dapat memelihara sistem pencernaan. Makanan dengan serat tinggi dapat menjaga kesehatan usus. Serat juga telah terbukti dapat melancarkan pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan, terutama sembelit atau sulit buang air besar.

3.     Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun bit adalah menjaga kesehatan mata, karena daun bit merupakan sumber vitamin A. Daun bit memiliki kandungan karotenoid lutein dan beta-karoten yang tinggi. Karotenoid dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A memiliki peran penting dalam penyerapan cahaya pada batang dan kerucut retina.

4.     Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Daun bit juga dipercaya berpotensi untuk dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bit hijau mengandung nitrat dalam jumlah besar yang kemudian dikonversi menjadi senyawa nitrat oksida dalam tubuh. Hal ini yang membuat daun bit dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5.     Mampu Mencegah Anemia

Daun bit merupakan salah satu sayuran yang dapat menjadi sumber zat besi terbaik. Asupan zat besi sangat penting untuk mencegah anemia, karena zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, daun bit juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan tentunya tidak kalah penting. Vitamin C memiliki beberapa peran dalam tubuh, salah satunya adalah dalam membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

6.     Mampu Mengontrol Gula Darah

Kandungan serat bukan hanya baik untuk pencernaan saja, tapi juga dapat membantu mengontrol gula darah. Serat dapat membantu mengurangi respons gula darah pasca makan terhadap makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini yang membuat makanan dengan karbohidrat serat tinggi seperti daun bit hijau dipercaya dapat membantu mengontrol gula darah.

Nah, itulah khasiat dari daun bit yang jarang kalian ketahui ya, dan kalian bisa coba dirumah lho. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Kaya Akan Vitamin, Inilah Manfaat Sawi Hijau Yang Jarang Di Ketahui
18 Februari 2020

Komentar