Logo Eventkampus

Manfaat Jahe Bagi Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Jahe Bagi Tubuh

Jahe,ya jahe adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe menyebar luar ke berbagai negara.Jahe terkenal akan aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah. Ketika memilih jahe terutama jika ingin Anda gunakan untuk pengobatan, Anda dapat memilih jahe yang masih segar, strukturnya kokoh, halus, dan tidak berjamur. Tapi apa saja sih manfaat dari jahe itu sendiri?

 1. Meredakan Mual

Jahe dapat digunakan untuk dijadikan obat pereda rasa mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun obat efek samping pengobatan kanker. Jahe dapat di makan secara mentah atau di buat minuman untuk meredakan rasa mual. 

2. Melindungi Badan Dari Kanker

Jahe mengadung beberapa manfaat yang berperan dalam pencegahan penyakit kanker, adalah gingerol, phytonutrient dalam jahe yang juga memberikan rasa pada jahe yang unik. Gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. 

3. Anti Peradangan

Gingerol pada jahe juga bersifat anti-inflamatori. Hal ini menjelaskan mengapa mereka yang menderita penyakit persendian seperti osteoarthritis dan rematik melaporkan berkurangnya rasa sakit setelah mengonsumsi jahe secara teratur. Mengonsumsi jahe tidak hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga mengurangi pembengkakan pada bagian yang sakit. Jahe diperkirakan dapat menghambat komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

4. Menurunkan Glukosa Darah Sampai Kolesterol

Rutin mengonsumsi jahe juga dapat menurunkan glukosa darah secara signifikan. Tidak cuma itu, mengonsumsi jahe secara rutin juga bisa menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigserida, sekaligus meningkatkan HLD (lemak baik).


Penulis

foto Agung Setiawan
Agung Setiawan
Panggil saja Agung👌

Artikel Terkait

Manfaat dari ramuan jahe dan gula merah
10 Februari 2020
Temu Ireng, Tanaman Herbal yang Ampuh Atasi Kebotakan
17 Februari 2020
Bagaimana sih cara menghilangkan cerawat? Dan apa sih obat yang cocok untuk mengatasi jerawat?
20 Februari 2020
Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami
11 Maret 2020
Manfaat minum air rebusan jahe!!!
13 Maret 2020

Komentar