Logo Eventkampus

Manfaat Tak Terduga Membaca Buku Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Tak Terduga Membaca Buku Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

Sebelum Tidur, aktivitas apa yang biasanya Anda lakukan? Seiring perkembangan teknologi yang kian mutakhir, kebanyakan orang akan memilih mengakses media sosial atau menonton youtube sebelum Tidur. Semakin jarang ada orang yang hobi Membaca, apalagi membaca sebelum pergi Tidur. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika meluangkan waktu untuk Membaca buku sebelum Tidur. Apa saja? Berikut ini ulasannya!

Punya kebiasaan main handphone sebelum tidur? Wah, sebaiknya segera ganti kebiasaan tersebut dengan membaca buku, ya. Karena ternyata membaca sebelum tidur punya banyak manfaat kesehatan. Selain memperluas wawasan kamu karena telah membaca buku yang bagus, kamu juga akan mendapat serangkaian manfaat kesehatan. Membaca juga bisa mengalihkan pikiran kamu ke dunia lain sehingga kamu tak terlalu memikirkan masalah pekerjaan atau masalah hidup kamu. Apa saja sih manfaat membaca buku sebelum tidur?

1.     Dapat Mengurangi Risiko Alzheimer

Kenyataannya alzheimer bukan suatu hal yang bisa dicegah. Namun dengan dibiasakan membaca sebelum tidur dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan hal ini dihubungan dengan alzheimer yang lebih rendah.

2.     Dapat Meningkatkan Relaksasi Mengurangi Stres

Kualitas tidur pada pembaca sebelum tidur merasa relaksasi mereka meningkat sehingga dapat mengurangi stres.

3.     Pembaca Waktu Tidur Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Selain kesehatan, ternyata membaca sebelum tidur juga bisa meningkatkan produktivitas. Peningkatan ini beriringan dengan jabatan dan uang yang mereka dapatkan.

4.     Pembaca Sebelum Tidur Bisa Membuat Pilihan Makanan Lebih Sehat

Responden yang membaca buku sebelum tidur cenderung punya pilihan lebih sehat dan disiplin melakukan olahraga. Selain itu, responden juga lebih memilih makanan sehat disbanding makanan yang tidak sehat. Hal ini diduga karena kualitas tidur yang mereka miliki pada saat malam hari.

5.     Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Membaca secara santai sebelum tidur artinya mempersiapkan tubuh untuk tidur dan membantu pikiran terlepas sejenak dari tekanan hidup. Bahkan membaca sebelum tidur pun membuat kualitas tidur lebih bagus.

6.     Pembaca Sebelum Tidur Memiliki Pandangan Hidup Lebih Positif

Orang-orang yang suka membaca buku sebelum tidur lebih punya kehidupan yang penuh. Artinya mereka fokus pada apa yang terjadi di depan mereka. Hal ini tentunya sangat baik untuk menjalani hidup yang lebih optimis.  Ketika hidup kita penuh dengan pilihan optimis, maka akan berpengaruh kepada aspek lain dalam hidup.

Jadi, sudah terbukti membaca sebelum tidur itu bisa meningkatkan kualitas tidur. Bagaimana maukah kalian membaca buku sebelum tidur? Selamat mencoba..

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Bahaya Kebisaan Tidur Dekat Handphone
03 Januari 2020
Berapa Lama Kita Harus Tidur Setiap Hari?
06 Februari 2020
Manfaat Kebiasaan Tidur Dalam Kegelapan
10 Februari 2020
Bahaya di Balik Bangun Tidur dan Langsung Berdiri Secara Tiba-tiba
17 Februari 2020
Faktor yang Memengaruhi Bangun Tidur Badan Terasa Lelah
20 Februari 2020
Posisi Tidur yang Benar
12 Maret 2020

Komentar