Logo Eventkampus

Bagaimana sih cara membuat donat yang enak? Mau tau caranya? Oke langsung saja berikut ini cara cara membuat donat yang enak....

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Bagaimana sih cara membuat donat yang enak? Mau tau caranya? Oke langsung saja berikut ini cara cara membuat donat yang enak....

Donat merupakan salah satu camilan yang paling banyak digemari anak-anak. Selain memiliki rasa yang manis, donat juga memiliki tekstur yang lembut dan halus sehingga donat goreng menjadi camilan yang enak disantap dalam suasana apapun.

Umumnya resep donat terbuat dari tepung terigu, ragi, telur, mentega dan juga gula. Namun, saat ini tak jarang banyak juga yang menambahkan kentang kukus kedalam adonannya. Bukan tanpa alasan, karena donat yang terbuat dari kentang akan memberikan tekstur yang lebih lembut dibanding dengan donat terigu. [/alert-warning]

Namun jangan salah, saat ini ada cara membuat donat yang empuk dan mengembang sempurna walaupun tanpa kentang loh. Mau tau caranya? Oke berikut ini cara membuat donat yang enak: 

Langkah pertama siapkan bahan bahan untuk membuat donat: 

  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Air hangat 250 mili liter
  • Gula pasir 5 sendok makan
  • Kuning telur 2 butir
  • Margarin 100 gram, cairkan, dinginkan
  • Ragi instant 6 gram
  • Susu bubuk 2 sendok makan (saya gunakan susu bubuk Dancow)
  • Minyak untuk menggoreng
  • Gula halus secukupnya untuk taburan

Langkah yang kedua yaitu bagaimana langkah" membuat adonan yang benar: 

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan 250 mili liter air hangat, 5 sendok makan terigu, ragi dan juga 5 sendok makan gula pasir. Aduk searah jarum jam perlahan-lahan dengan sendok sampai adonan larut.
  2. Selanjutnya masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, apabila tepung sudah masuk kira-kira setengah dari ukuran, masukkan satu persatu telur, susu bubuk, dan juga margarin. Aduk rata lagi dan tambahkan sisa tepung sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket lagi.
  3. Uleni adonan sampai kalis elastis, lalu tutup dengan plastik wrap, dan diamkan sampai adonan mengembang 2 kali lipat kira-kira selama 45 menit.
  4. Langkah berikutnya kempeskan adonan, lalu uleni sebentar, dan diamkan lagi sampai mengembang.
  5. Bentuk donat sesuai selera, bisa menggunakan cetakan donat atau bisa juga bentuk donat secara manual dari donat lubang tengah berbentuk cincin atau donat berbentuk bundar tanpa isi atau bisa juga diberi isi dengan rasa manis seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, cokelat dan juga custard.
  6. Panaskan minyak yang cukup banyak, lalu goreng donat dengan menggunakan api kecil sampai kuning keemasan.
  7. Angkat, tiriskan dan sajikan donat dengan gula harus atau topping lainnya sesuai selera seperti parutan keju atau meises coklat / warna-warni.

Nah itu tadi cara membuat donat yang enak untuk di makan, mudah sekali bukan? Oke selamat mencoba... 

Penulis

foto Agung Setiawan
Agung Setiawan
Panggil saja Agung👌

Artikel Terkait

Cara Membuat Telur Asin
20 Agustus 2019
Cara Membuat Terong Goreng
20 Januari 2020
Cara Membuat Timus UBI Ungu
29 Januari 2020
Cara Membuat Sandwich Kornet
12 Februari 2020

Komentar