Logo Eventkampus

Inilah Makanan dan Minuman Yang Harus Dijauhi Ketika Mengidap Maag

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Inilah Makanan dan Minuman Yang Harus Dijauhi Ketika Mengidap Maag

Maag adalah  gejala penyakit yang menyerang lambung  dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Maag memang sangat menggangu bagi sebagian orang, karena mereka  tidak boleh sembarangan mengkonsumai makanan dan minuman.

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan untuk penderita maag yang perlu dijauhi:

1. Makanan dan minuman asam

Beberapa jenis makanan, seperti buah jeruk, lemon, limau, saus tomat, serta minuman berkarbonasi/bersoda bersifat asam, sehingga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Bila Anda menderita maag, sebaiknya hindari makanan dan minuman tersebut.

2. Makanan pedas

Makanan pedas merupakan salah satu musuh bagi orang penderita sakit maag. Makanan pedas termasuk makanan untuk penderita maag yang sebaiknya dijauhi, sebab dapat meningkatkan risiko iritasi pada saluran pencernaan, termasuk lambung. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gangguan pencernaan, dianjurkan untuk memilih makanan lembut dan hindari makanan pedas.

3. Produk olahan susu

Kandungan laktosa membuat susu menjadi cenderung lebih sulit dicerna oleh tubuh. Ketika laktosa tidak dapat dicerna dengan baik, perut akan menjadi kembung, menghasilkan gas atau menyebabkan diare. Hal ini tentu dapat memperberat keluhan penderita maag. Meski begitu, bukan berarti Anda harus menjauhi produk susu sepenuhnya. Susu mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, terutama kalsium, yang penting bagi perkembangan dan kesehatan tulang. Mintalah saran dokter mengenai batasan dalam mengonsumsi susu, serta pilihan produk pengganti susu untuk mencukupi nutrisi Anda.

4. Makanan berlemak dan digoreng

Makanan lain yang perlu dihindari penderita maag adalah makanan berlemak dan digoreng. Makanan berlemak dapat memperlambat otot-otot pencernaan, dan memperlambat pengosongan lambung. Selain itu, makanan berlemak juga bisa memperburuk konstipasi dan diare. Sedangkan makanan yang digoreng, membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicerna, rendah serat dan dapat membuat perut kembung.

5. Makanan dan minuman manis

Fruktosa dan makanan atau minuman dengan pemanis buatan diduga dapat menyebabkan dispepsia. Ini karena pemanis tidak sepenuhnya mampu dicerna dan diserap tubuh sebelum mencapai usus.

6. Alkohol

Alkohol tidak mengandung protein, vitamin, atau nutrisi lainnya. Alkohol bisa berbahaya bagi lapisan lambung dan metabolisme hati, sehingga justru bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Alkohol juga bersifat iritatif, sehingga dapat memperparah keluhan penderita maag.

7. Minuman berkafein

Minuman berkafein, seperti kopi, teh, soda, dan cokelat dapat merangsang saluran pencernaan. Jika dikonsumsi berlebihan, minuman berkafein dapat memicu atau memperburuk gejala maag Anda. Bagi anda yang pengidap maag sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman diatas.

Itulah makanan dan minuman yang harus dijauhi ketika anda mengidap penyakit maag.

Semoga Bermanfaat :)

Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

Khasiat buah kedondong
24 Januari 2020
Rimbang? Inilah Manfaatnya
28 Februari 2020
Apakah metabolisme sama dengan mencerna???
03 Maret 2020
Beberapa makanan yang sering menyebabkan alergi perlu anda waspadai!!
03 Maret 2020
Pantangan yang harus dipatuhi pada penderita penyakit asam urat!!
03 Maret 2020
Khasiat Ular Kobra, Ternyata Dapat Sembuhkan Kanker
13 Maret 2020

Komentar